Hujan Badai di Semarang, 2 Pesawat Harus Berputar-putar di Langit

Ahmad Antoni ยท Senin, 03 Desember 2018 - 21:35 WIB
Hujan Badai di Semarang, 2 Pesawat Harus Berputar-putar di Langit

Hujan badai melanda Kota Semarang, jawa Tengah. Sejumlah pengguna jalan terpaksa menepi. (Foto: SINDOnews)

SEMARANG, iNews.id - Hujan badai yang melanda Kota Semarang, Jawa Tengah, tak hanya membuat sejumlah wilayah tergenang banjir. Cuaca ekstrem tersebut juga memaksa dua pesawat yang hendak mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani harus berputar-putar selama 45 menit di udara menunggu cuaca membaik.

ATC Airnav Semarang menyebutkan, ada dua pesawat terdampak cuaca buruk yang terjadi Senin (3/12/2018), pada pukul 16.00 hingga 16.45 WIB. Pesawat tersebut yakni, Citilink nomor penerbangan CTV144 rute Halim Semarang dan Air Asia dari Singapura nomor penerbangan AWQ663. Selain itu akibat hujan badai tersebut keberangkatan Lion Air rute Semarang- Banjarmasin menjadi terlambat (delay).

"Namun operasional normal pada pukul 16.49 WIB. Semua pesawat yang delay dapat mendarat dan take off dengan selamat," demikian laporan dari petugas ATC Airnav Semarang yang dirilis kepada wartawan, Senin (3/12/2018) malam.

Hujan badai tersebut juga memaksa para pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor memilih berteduh di tempat aman. “Hujan deres banget tadi di Jalan Pemuda. Badai. Angin kencang. Makanya saya pilih berhenti tidak berani melanjutkan perjalanan. Kalau nekat bisa bahaya bagi pengendara, kita terbawa angin,” ujar seorang pengendara motor, Nawaahan Niyl, Senin (3/12/2018).

BACA JUGA:

Terowongan Tol Kaligawe Semarang Kebanjiran, Jalanan Macet Parah

Hujan Badai Landa Kota Semarang, Stasiun Tawang Kebanjiran

Menurut mahasiswa salah satu perguruan tinggi ternama di Semarang itu, hujan badai berlangsung cukup lama sekitar pukul 16.00 Wib. Selama badai, jarak pandang pengendara terbatas karena terhalang derasnya hujan.

Hujan deras disertai angin kencang juga mengakibatkan Stasiun KA Tawang terendam banjir. Meski demikian, pelayanan kepada penumpang yang mengantre boarding masih bisa dilakukan meski harus menerobos banjir.

"Posisi genangan air di Stasiun Tawang, kira-kira 2-3 sentimeter. Namun demikian, pelayanan kepada penumpang masih bisa dilakukan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto.



Editor : Kastolani Marzuki