Hujan Es dan Angin Kencang Landa Temanggung, Puluhan Rumah Rusak

Didik Dono Hartono ยท Senin, 02 Desember 2019 - 20:35 WIB
Hujan Es dan Angin Kencang Landa Temanggung, Puluhan Rumah Rusak

Petugas BPBD dan warga bergotong royong memotong pohon tumbang yang menimpa rumah warga saat hujan es dan angin kencang melanda sejumlah wilayah di Temanggung, Jateng, Senin (2/12/2019) sore. (Foto: iNews/Didik Dono Hartono)

TEMANGGUNG, iNews.idHujan es disertai angin kencang melanda kawasan Kota Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), Senin (2/12/2019) sore tadi. Puluhan pohon bertumbangan dan menyebabkan puluhan rumah rusak.

Video suasana saat terjadi hujan es, sempat direkam oleh warga di Desa Madureso, Kecamatan Temanggung Kota. Hujan es terjadi selama lima menit, disusul angin kencang dan hujan lebat. Warga sempat khawatir dan panik dengan kejadian tersebut.

Kencangnya tiupan angin menyebabkan pohon-pohon di beberapa wilayah di Kota Temanggung bertumbangan menimpa rumah. Banyak rumah warga yang rusak dan aliran listrik pun padam.

 

BACA JUGA:

Puting Beliung dan Hujan Es Terjang Grobogan, Ratusan Rumah Porak Poranda

Hujan Es dan Angin Kencang Terjang Bojonegoro, Puluhan Rumah Rusak, 2 Roboh

 

Salah satu warga, Bambang Sundoro mengatakan, awalnya terjadi hujan biasa. Namun, tiba-tiba terdengar suara benda-benda keras berjatuhan. Setelah dia melihat keluar rumah, ternyata terjadi hujan es dan disusul oleh angin kencang dan hujan deras.

“Waktu hujan tadi, terasa genting ada suara keras di genting, ternyata setelah saya lihat, butiran es itu banyak sekali. Warga di sini sempat panik tadi karena suaranya memang keras,” kata Bambang Sundoro.

Warga menunjukkan butiran es saat hujan es dan angin kencang melanda sejumlah wilayah di Temanggung, Jateng, Senin (2/12/2019) sore. (Foto: iNews/Didik Dono Hartono)
Warga menunjukkan butiran es saat hujan es dan angin kencang melanda sejumlah wilayah di Temanggung, Jateng, Senin (2/12/2019) sore. (Foto: iNews/Didik Dono Hartono)

 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Desa (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan, angin kencang dan hujan es terjadi di beberapa titik di wilayah Kota Temanggung. BPBD masih mendata jumlah kerusakan yang ditimbulkan dan membantu warga membersihkan pohon-pohon yang tumbang. “Angin kencang dan gejala puting beliung ini terjadi di beberapa titik,” kata Gito Walngadi.

Sementara hingga sore tadi, petugas BPBD dan warga masih melakukan kerja bakti untuk membersihkan puing-puing kerusakan. Aliran listrik di sejumlah wilayah masih padam.


Editor : Maria Christina