Hutan Gunung Lawu di Karanganyar Terbakar, Diduga Akibat Ulah Manusia

Wahyuendro ยท Selasa, 22 Oktober 2019 - 21:52 WIB
Hutan Gunung Lawu di Karanganyar Terbakar, Diduga Akibat Ulah Manusia

Kebakaran Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: iNews.id/Wahyuendro)

KARANGANYAR, iNews.id - Kebakaran hutan melanda kawasan Lereng Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Penyebab kebakaran diduga akibat ulah manusia yang membakar rumput kering atau istilahnya araman.

Kebakaran hutan di Gunung Lawu terjadi di petak 63B Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tambak, bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara. Api mulai terlihat sejak Senin (21/10/2019) malam.

Menurut Asper Perhutani BKPH Lawu Utara, Widodo, hingga saat ini luasan area terbakar belum dapat diketahui karena kebakaran masih terjadi.

BACA JUGA: Suhu Minus 4 Derajat Celcius, Pendaki Gunung Lawu Banyak yang Mundur

“Kami duga jadi ada orang merumput, lalu yang tua-tua dibakar, harapannya pas musim penghujan nanti tumbuh lagi, tapi membakarnya terus ditinggal,” katanya.

Untuk mengatasi kebakaran hutan, petugas gabungan dari Perhutani, TNI-Polri, serta relawan menggunakan perlatan seadanya. Petugas dan relawan membuat sekat untuk mencegah api semakin meluas.

BACA JUGA: Mengintip Keindahan Telaga Sarangan Magetan yang Tertutup Kabut Gunung Lawu

Hingga Selasa (22/10/2019) sore, kebakaran belum bisa dipadamkan. Angin kencang dan banyaknya ranting pohon kering menjadi kendala bagi petugas untuk menjinakkan api. Diperkirakan, luasan yang terbakar mencapai lebih dari lima hektare.


Editor : Umaya Khusniah