Ini Kronologi River Tubing Maut di Magelang

Angga Rosa ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 09:52 WIB
Ini Kronologi River Tubing Maut di Magelang

Ilustrasi evakuasi jasad korban meninggal dunia. (Foto: Dok iNews).

MAGELANG, iNews.id - Wisata river tubing di Kali Gono, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), memakan korban. Empat orang wisatawan tewas setelah hanyut terbawa arus banjir bandang.

Seluruh korban river tubing telah mengikuti prosedur. Mereka juga menggunakan standar keamanan bodyrafting yang meliputi life jacket, pelindung siku, lutut, helm dan ban.

Peserta river tubing yang selamat dalam musibah tersebut, Jeme Hungga Matalu, kronologinya berawal ketika para wisatawan itu mendatangi Little Ubud River Tubing sekitar pukul 13.00 WIB.

BACA JUGA: Selidiki Kasus River Tubing, Polisi Dalami Dugaan Kelalaian SOP

"Saat itu, tidak ada tanda-tanda musibah akan terjadi. Semuanya berjalan dengan baik, di lokasi river pun tak ada hujan," kata Jeme kepada wartawan, Kamis (14/3/2019).

Ada 10 orang yang beranggotakan Erwin, Yully, Sisicilia Mantjoeng, Tantri Aristiawati, Datin Hanisa, Edy, Soni, Nikky, Like, Feny, memulai river tubing sekitar pukul 14.00 WIB.

Kemudian, setelah melakukan perjalanan sekitar 50 menit, mereka tiba di bendungan yang menjadi spot foto. Rombongan sempat beristirahat dan foto bersama selama sekitar 15 menit.

BACA JUGA: 4 Peserta Tubing Kali Gono Magelang Ditemukan Tewas

"Tiba- tiba terjadi banjir bandang dan langsung menghantam seluruh rombongan," kata dia.

Sebelum banjir menerjang, guide sempat memberi tahu dari atas bendung bahwa akan ada banjir. Gelombang air terpantau cepat sekali, sebagian teman-teman terjebak dan tergulung arus.

"Saya langsung melompat ke pinggir menyelamatkan diri," ujar dia.

Selanjutnya, peserta tubing yang berhasil meyelamatkan diri berupaya mencari temannya yang hanyut dengan menyusuri sungai. "Takdir berkata lain, empat teman kita meninggal dalam kejadian ini," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal