Kapolda: 130 Oknum Polisi di Jateng Terpapar Narkoba

Taufik Budi ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 17:48 WIB
Kapolda: 130 Oknum Polisi di Jateng Terpapar Narkoba

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono. (Foto: iNews/Taufik Budi)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

SEMARANG, iNews.id - Sebanyak 130 oknum polisi di Jawa Tengah (Jateng) terpapar narkoba hingga menjadi pecandu. Selain menjalani sidang di internal Polri, mereka juga diharuskan mengikuti rehabilitasi medik hingga latihan fisik untuk memulihkan kondisinya.

"Ini (periode rehabilitasi medik) yang ketiga. Ada yang 20 (personel) ada yang 30 (personel), rata-rata seperti itu. Total sekira 130 (personel total se-Jateng)," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono usai meresmikan gedung rehabilitasi medik Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Semarang, Jumat (12/10/2018).

Dia menyebutkan, seluruh personel Polri yang terlibat narkoba berasal dari polres-polres di jajaran Polda Jateng. Penanganan hukum dan pembinaan langsung diambil alih Polda Jateng hingga dilakukan rehabilitasi medik.

"Jadi kami inventarisasi dulu, ada (polisi) pengguna-pengguna narkoba laporan dari polres-polres. Jadi polres kami ajak, tidak usah berpikir nanti bagaimana rehabilitasi dan sebagainya. Disidangnya di Polda, kemudian menjalani hukuman di Polda, baru direhabilitasi," ujarnya.

Menurut Condro Kirono, angka penyalahgunaan narkoba di Jateng cukup tinggi. Bahkan, tercatat sedikitnya 300.000 warga telah terpapar barang haram tersebut. Untuk menunjang rehabilitasi anggota Polri maupun masyarakat, RS Bhayangkara Semarang kini dilengkapi beragam instalasi modern.


"Hari ini kami meresmikan tiga instalasi di Rumah Sakit Bhayangkara. Yang pertama terkait dengan rehabilitasi narkoba. Yang kedua, selama ini kami hanya punya empat alat cuci darah, sekarang menjadi 20 alat untuk cuci darah. Kemudian yang terakhir kami meresmikan peralatan CT Scan yang sangat canggih," katanya.


Editor : Himas Puspito Putra