Kebakaran di Gunung Lawu Karanganyar Hanguskan 30 Hektare Lahan

Wahyu Endro ยท Jumat, 25 Oktober 2019 - 02:09 WIB
Kebakaran di Gunung Lawu Karanganyar Hanguskan 30 Hektare Lahan

Tim gabungan berupaya memadamkan api yang membakar lahan di Gunung Lawu, Karanganyar. (Foto: iNews.id/Wahyu Endro)

KARANGANYAR, iNews.id - Kebakaran lahan di Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah hingga hari ketiga belum bisa dipadamkan. Angin kencang dan kondisi medan yang terjal menjadi kendala proses pemadaman.

Wakil Administratur Perum Perhutani KPH Surakarta, Muhammad Farkhan Masykur mengatakan, total luasan hutan yang terbakar hingga Selasa (22/10/2019) malam mencapai 30 hektare. Rinciannya, 10 hektare di Nglerak, Jalur Candi Cetho dan 20 hektare di Tambak. Hingga kini, upaya pemadaman terus dilakukan.

“Di dua titik untuk di Cetho dan Nglerak relatif mengecil (apinya). Kendalnya angin kencang sejak beberapa hari terakhir. Luasan hutan yang terbakar ada 10 hektare dan 20 hektare untuk wilayah Tambak. Kebanyakan adalah ilalang dan rumput kering,” katanya, Kamis (24/10/2019).

BACA JUGA: Hutan Gunung Lawu di Karanganyar Terbakar, Diduga Akibat Ulah Manusia

Dia menyebutkan, kebakaran hutan di kawasan Gunung Lawu terjadi di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, tepatnya di petak 63a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Nglerak, Ngargoyoso dan 63b RPH Tambak, Tawangmangu.

kebakaran yang terjadi sejak Senin (21/10/2019) malam di wilayah lereng Gunung Lawu juga sempat mendekati jalur pendakian yakni, di Pos Dua Jalur Candi Cetho.

BACA JUGA: Suhu Minus 4 Derajat Celcius, Pendaki Gunung Lawu Banyak yang Mundur

Namun api dapat segera dikondisikan dengan ilaran atau sekat, sehingga diperkirakan tidak akan meluas. Saat ini upaya pemadaman difokuskan di wilayah Tambak di petak 63b RPH Tambak.

Hingga saat ini, ratusan petugas gabungan baik dari Perhutani, TNI/Polri, relaan dan warga terus berusaha memadamkan api. Angin kencang dan kondisi medan menjadi kendala dalam proses pemadaman.


Editor : Kastolani Marzuki