Keistimewaan Surat Al Fatihah

Kastolani ยท Senin, 02 Desember 2019 - 05:25 WIB
Keistimewaan Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah memiliki banyak keistimewaan. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Surat Al-Fatihah merupakan surat pertama dalam Alquran yang berisikan tujuh ayat.

Surat ini mengandung pujian kepada Allah, mengagungkan-Nya dan menyanjung-Nya dengan menyebut asma-asma-Nya yang terbaik sesuai dengan sifat-sifat-Nya Yang Mahatinggi.

Disebutkan pula hari kembali yaitu hari pembalasan dan mengandung petunjuk-Nya buat hamba-hamba-Nya agar mereka memohon dan ber-tadarru' (merendahkan diri) kepada-Nya serta berlepas diri dari upaya dan kekuatan mereka.

Rasulullah SAW bersabda:
“Apabila seseorang di antara kalian hendak mulai tidur, maka bacalah ummul kitab (surat fatihah) dan salah satu dari surat dalam Alquran, maka Allah akan mewakilkan untuknya malaikat yang akan bangun bersamanya jika dia bangun.”

Dikutip dari Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah (PISS-KTB) para ulama berpendapat bahwa surat Al-Fatihah terdiri atas tujuh ayat dan merupakan salah satu ayat dari surat Al-Fatihah, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Daruquthniy dan Imam Bukhari dalam kitab tarikhnya dari Abu Hurairah ra. Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

“Jika Engkau membaca Alhamdulillah (surat Al-Fatihah) bacalah Bismillahirrahmanirrahiim karena merupakan induk Alquran dan kerupakan Sab’ul Matsani dan Bismillah adalah salah satu dari ayatnya.”

Imam Muslim meriwayatkan dalam sahihnya dan Nasa'I meriwayatkan dalam sunannya dengan sanad dari Ibnu, dia berkata, "Suatu ketika Rasulullah saw (sedang duduk) dan di sisinya ada Jibril. Tiba-tiba jibril mendengar suara dari atas. Maka dia mengarahkan pandangannya ke langit, lalu berkata, "Inilah pintu langit dibukakan, padahal sebelumnya tidak pernah."

Ibnu Abbas berkata: "Gembirakanlah (umatmu) dengan dua cahaya. Sungguh keduanya diberikan lepadamu dan tidak pernah diberikan kepada seorang nabi pun sebelummu, yaitu Fatihatul-Kitab dan beberapa ayat terakhir surat al-Baqarah. Tidakkah Anda membaca satu huruf pun darinya melainkan Anda akan diberi (pahalanya)".

Wallahu A'lam Bishawab


Editor : Kastolani Marzuki