Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Terbakar

Taufik Budi ยท Kamis, 21 Maret 2019 - 09:19 WIB
Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Terbakar

Suasana saat kobaran api menghanguskan bagian rumah abu di kompleks Klenteng Tay Kak Sie Semarang. (Foto: iNews/Taufik Budi)

SEMARANG, iNews.id – Kelenteng Tay Kak Sie di Kota Semarang, Jawa Tengah, terbakar, Kamis (21/3/2019) dini hari. Sebanyak 12 unit armada pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan ke lokasi kejadian untuk menjinakkan kobaran api.

Bangunan yang terbakar merupakan rumah abu yang berada satu kompleks dengan bangunan utama kelenteng tertua yang diperkirakan berusia lebih dari 2,5 abad di tepi Kali Semarang. Seorang penjaga kelenteng Sofian Candra mengatakan, api pertama kali diketahui pukul 04.30 WIB.

"Di kira sedang membakar sampah, ternyata asap sudah tinggi," katanya.

Komandan Peleton 2 Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang Agus Nurhadi mengungkapkan, langsung mengerahkan pasukan dan 12 unit armada begitu mendapat laporan.

"Terjadi kebakaran di Kelenteng Tay Kak Sie. Kami tadi mendapat laporan dan langsung meluncur ke lokasi pukul 04.30 WIB. Ada 12 unit armada," katanya, Kamis (21/3/2019).

Menurutnya, proses pemadaman sempat terkendala dengan aliran listrik PLN yang belum diputus. Oleh karenanya, petugas langsung berkoordinasi dengan PLN untuk segera memutus aliran listrik agar proses pemadaman bisa segera dilakukan.

"Setiap kali pemadaman kami langsung hubungi PLN untuk mutus listrik. Karena itu kan berbahaya. Tadi api sudah besar ketika kami tiba, tapi terkendala listrik yang belum padam. Baru setelah 30 menit (setelah aliran listrik diputus), upaya pemadaman kami lakukan," ujarnya.

Diketahui, Kelenteng Tay Kak Sie yang berada di kawasan Pecinan memiliki sejarah panjang karena usianya diperkirakan sekira 2,5 abad. Klenteng besar ini sekaligus menjadi salah satu tujuan wisata religi.


Editor : Donald Karouw