KPU Kendal Buka Pendaftaran Calon Perseorangan, Ini Jumlah Syarat Dukungan

Eddie Prayitno ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 16:34 WIB
KPU Kendal Buka Pendaftaran Calon Perseorangan, Ini Jumlah Syarat Dukungan

KPU Kendal mulai membuka pendaftaran bakal calon bupati dari jalur perseorangan. (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal Jawa Tengah membuka pendaftaran bakal calon bupati melalui jalur perseorangan pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Kendal 2020 mulai Selasa (3/12/2019) hingga 14 hari ke depan.

Dengan dibukanya pengumuman tersebut, warga yang ingin mendaftar calon kepala daerah dari jalur independen sudah bisa mengumpulkan dukungan.

Anggota Komisioner KPU Kendal, Rokhimudin mengatakan, KPU menetapkan syarat dukungan yang harus diserahkan bakal calon kepala daerah sebanyak 58.398 orang dengan bukti fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan surat dukungan.

“Meski pengumuman pendaftaran calon kepala daerah jalur independen dibuka hari ini, namun untuk pengumpulan berkas dukungan baru bisa dilakukan tanggal 19 hingga 23 Februari 2020. Penyerahan berkas dukungan calon perseorangan ini disertai bukti dukungan berupa fotokopi KTP dan surat pernyataan dukungan tanpa materai,” kata dia, Selasa (3/12/2019).

BACA JUGA: KPU Kendal Ajukan Anggaran Rp35,7 Miliar untuk Pilkada 2020, Berikut Daftarnya

Dia menjelaskan, sesuai dengan peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 atas perubahan dari PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan Pemilu, calon independen harus mengumpulkan dukungan 7,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

“DPT terakhir Kabupaten Kendal di bawah 1 juta orang, sehingga dukungan calon perseorangan sebanyak 58.398 dukungan,” katanya.

Menurut Rokhimudin, dukungan sebanyak 58.398 orang itu juga tersebar di 11 kecamatan. “Hingga saat ini, sudah ada tiga orang yang melakukan konsultasi ke KPU Kendal,” ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki