Namanya Dicatut untuk Menipu, Kapolres Pekalongan Kota Minta Warga Waspada

Suryono ยท Rabu, 15 Mei 2019 - 15:17 WIB
Namanya Dicatut untuk Menipu, Kapolres Pekalongan Kota Minta Warga Waspada

Ilustrasi penipuan lewat WhatsApp. (Foto: Sindonews)

PEKALONGAN – Kapolres Pekalongan Kota AKBP Fery Sandi Sitepu mengingatkan masyarakat di wilayah hukumnya untuk selalu waspada dengan berbagai modus aksi kejahatan. Seperti yang baru-baru ini terjadi, ada pelaku nekat mencatut namanya untuk menipu.

Motif yang dilakukan pelaku, yakni menghubungi calon korbannya melalui aplikasi WhatsApp. Pelaku yang menggunakan foto profil Kapolres Pekalongan Kota kemudian menawarkan berbagai jenis kendaraan yang dilelang dengan harga lebih murah dari di pasaran.

“Masyarakat awam yang mengetahui hal tersebut, digiring agar teperdaya dengan harga murah dan proses cepat lantaran dibekingi langsung oleh kapolres,” kata AKBP Ferry Sandy Sitepu di Pekalongan, Rabu (15/5/2019).

BACA JUGA:

11 Pelaku Penipuan Bermodus Undian Berhadiah Ditangkap di Banyumas

Menipu Berkedok Investasi Online, Ibu Hamil Dibekuk Polisi di Jakarta

Padahal, lanjut Ferry, hal tersebut hanya tipu muslihat. Jika korban percaya dan telah mentransfer sejumlah uang, maka pelakunya akan kabur begitu saja. “Sudah ada laporan yang masuk ke kami dan langsung kami selidiki dengan melacak nomornya,” kata Kapolres.

Kapolres pun mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan tidak teperdaya atau mudah percaya dengan aksi tipu-tipu yang mencatut namanya. Agar tidak menjadi korban, dia juga mengimbau masyarakat membandingkan harga barang di pasaran dengan harga yang ditawarkan pelaku.

“Jangan mudah percaya dan mau membeli apapun bila harganya jauh berbeda dengan harga pasaran. Apalagi kalau perbedaannya sampai 50 persen bahkan lebih, serta unitnya tidak bisa dilihat umum,” katanya.


Editor : Maria Christina