Pasar Ngunut di Tulungagung Terbakar Hebat, 800 Kios Habis Dilalap Api

Anang Agus Faisal ยท Sabtu, 09 November 2019 - 09:03 WIB
Pasar Ngunut di Tulungagung Terbakar Hebat, 800 Kios Habis Dilalap Api

Kebakaran menghanguskan ratusan kios di Pasar Ngunut, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Jatim), Jumat (8/11/2019) malam. (Foto: iNews/Anang Agus Faisal)

TULUNGAGUNG, iNews.idKebakaran hebat terjadi di Pasar Ngunut, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Jatim), Jumat (8/11/2019) malam. Sedikitnya 800 kios di pasar tradisional itu ludes terbakar. Sementara korban jiwa tidak ada.

Informasi diperoleh, Pasar Ngunut terbakar sejak pukul 18.00 WIB. Penyebab kebakaran belum diketahui pasti. Api terus merambat dan menghanguskan ratusan kios pedagang.

Pemadam kebakaran dari Tulungagung dibantu dari daerah lain dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas baru bisa memadamkan api pada Jumat malam. Namun hingga Sabtu pagi (9/11/2019), petugas pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan di area pasar.

“Selain dari Damkar Tulungagung, damkar dari daerah lain juga terlibat, seperti dari Trenggalek Kediri dan Blitar. Kami bisa mengatasi walaupun kondisi bangunan sudah hangus terbakar semua,” kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Tulungagung, Rakidi.

 

BACA JUGA:

Ratusan Kios Pasar Jatisari Karawang Ludes Terbakar

Ratusan Kios di Pasar Kalijati Subang Ludes Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

 

Rakidi mengatakan, petugas damkar sempat kesulitan masuk ke area pasar. Pasalnya kerumunan warga menutupi area jalan masuk. “Setelah kami marah-marah, baru kami diberikan jalan dan bisa masuk sehingga bisa memadamkan api. Untuk korban jiwa kami pastikan tidak ada,” katanya.

Salah seorang warga, Wiwit mengatakan, kebakaran tersebut terjadi usai maghrib. Dia melihat api sudah membesar di arah Selatan. “Saya kurang tahu sumber api dari mana, tapi saya melihat di arah Selatan itu api sudah besar,” kata Wiwit.

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kebakaran yang menghanguskan ratusan kios di Pasar Ngunut, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Jatim), Jumat (8/11/2019) malam. (Foto: iNews/Anang Agus Faisal)

 

Sementara penyebab kebakaran Pasar Ngunut yang menghanguskan ratusan kios itu belum diketahui. Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran hebat itu.

“Kami belum mengetahui penyebabnya. Nanti Tim Inafis akan melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) untuk mengetahui penyebab kebakaran,” ujarnya.


Editor : Maria Christina