Peringati HUT ke-74 RI, Warga Pekalongan Makan Nasi Tumpeng Sepanjang 100 Meter

Suryono ยท Rabu, 21 Agustus 2019 - 04:35 WIB
Peringati HUT ke-74 RI, Warga Pekalongan Makan Nasi Tumpeng Sepanjang 100 Meter

Warga Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan RI dengan makan nasi tumpeng bersama. (Foto: iNews.id/Suryono)

PEKALONGAN, iNews.id - Warga RT 3 RW 1 Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah punya cara unik merayakan momen HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka berkumpul untuk makan bersama di gang sepanjang sekitar 100 meter.

Warga duduk bersama di depan gang rumah dan saling berhadapan. Kemudian, mereka menyiapkan alas karpet panjang. Di atasnya terhampar daun pisang yang digunakan untuk alas makanan.

Makanan disiapkan secara bersama oleh ibu-ibu. Sedangkan kaum lelaki menyiapkan perlengkapan. Kebersamaan dan kekompakan warga sangat terlihat sepanjang acara. Sebelum makan, dilakukan tahlil dan doa bersama untuk keselamatan bangsa dan negara juga agar warga sehat serta semakin sejahtera.

Nasi diletakan di atas daun pisang yang memanjang,  makanan yang disediakan adalah menu tradisional.  Seperti urap, tempe, tahu, telur dan tak lupa ada nasi uduk serta ingkung ayam.   

“Kegiatan makan massal sepanjang ratusan meter ini dilakukan untuk tasyakuran peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Kurang lebih 200 orang terlibat dalam acara seru tersebut,” kata Ketua RT 3 RW 1 Saifudin, Selasa (20/8/2019).

BACA JUGA: Peringati HUT RI, Kepala Suku Opitawak: Cinta Kami ke Indonesia Harga Mati

Setelah didoakan, warga makanan bersama dan saling berhadapan. Sehingga bisa saling silaturahmi dan menambah keakraban.   

Warga mengaku sangat senang dan berharap acara seperti ini bisa terus dilestarikan. “Momentum memakan nasi secara bersama ini dapat semakin menumbuhkan kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi antar warga,” ujar Hartati, warga Pekuncen.

Doa dan makan bersama seperti ini diharapkan bisa meningkatkan rasa syukur akan nikmat kemerdekaan yang sudah dirasakan selama ini. Sehingga pada akhirnya rasa nasionalisme warga semakin meningkat.


Editor : Kastolani Marzuki