Pertama di Indonesia, 83 Kades Hasil E-Voting di Pemalang Dilantik

Suryono ยท Minggu, 02 Desember 2018 - 22:30 WIB
Pertama di Indonesia, 83 Kades Hasil E-Voting di Pemalang Dilantik

Bupati Pemalang melantik 83 kepala desa hasil pilkades serentak menggunakan sistem e-voting di Pendopo Kabupaten, Minggu (2/12/2018). (Foto: iNews.id/Suryono)

PEMALANG, iNews.id - Sebanyak 83 kepala desa (kades) di Kabupaten Pemalang hasil pemilihan sistem elektronik atau e-voting pertama di Indonesia resmi dilantik di pendopo kabupaten, Minggu (2/12/2018).

Pemilihan kepala desa (pilkades) yang digelar serentak sejak 2 September hingga 4 November 2018 melalui sistem e-voting ini dinilai lebih efisien dan mudah dilakukan bagi seluruh lapisan masyarakat yang sudah memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). 

Dalam pilkades e-voting ini tidak menggunakan kertas surat suara dan tidak ada penghitungan suara manual. Semuanya dilakukan dengan elektronik.

Bupati Pemalang, Junaedi mengatakan, pilkades dengan sistem e-voting di Kabupaten Pemalang ini merupakan yang pertama kali digelar di Indonesia. “Alhamdulillah, pilkades e-voting ini berjalan dengan aman, lancar, serta sukses,” katanya.

Junaedi mengakui masih menemui kendala dalam sistem e-voting namun kendala itu akan terus dievaluasi pada pelaksanaan pilkades berikutnya.

Menurut Junaedi, verifikasi pemilih dalam pilkades e-voting ini dapat memangkas waktu dan hemat biaya karena tidak perlu pengadaan kertas surat suara. “Selain itu, lebih praktis dan hemat waktu serta biaya,” tandasnya.

BACA JUGA:

Pilkades di Pemalang Ricuh, Pendukung Calon Kades Terlibat Bentrok

Ribuan Warga Geruduk DPRD Pemalang Tuntut Pilkades Diulang

Sejumlah warga mengapresiasi upaya pemerintah menggunakan teknologi ini dalam pilkades. Terlebih, tingkat partisipasi pemilih meningkat hingga 70 persen.

“Kami menyambut baik pilkades dengan sistem e-voting ini. Selain lebih mudah dan hemat, juga lebih efektif dan meringkas waktu. Tak ada kertas suara, karena sudah disediakan layar monitor sentuh tangan dan hasilnya bisa langsung diketahui,” tandasnya.


Editor : Kastolani Marzuki