Petugas Damkar di Kendal Kocar-Kacir Diserang Lebah, 2 Luka-Luka

Eddie Prayitno ยท Rabu, 10 April 2019 - 22:15 WIB
Petugas Damkar di Kendal Kocar-Kacir Diserang Lebah, 2 Luka-Luka

Dua petugas Damkar Kendal berupaya membasmi sarang lebah di rumah warga. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kendal, Jawa Tengah dibuat kocar-kacir akibat diserang ribuan lebah.

Peristiwa itu terjadi saat mereka sedang berupaya membasmi sarang lebah yang kerap mengganggu warga di Desa Karang Tengah, Kecamatan Kaliwungu, Selasa (9/4/2019) dini hari.

Akibat kejadian itu, dua petugas mengalami luka-luka terkena sengatan lebah. Sarang lebah berukuran besar ini berada di lokasi yang sempit, sehingga petugas kesulitan mengambil sarang.

Untuk membasmi sarang lebah, petugas Damkar harus mengenakan pakaian rapat dan menggunakan masker. Obor juga disiapkan untuk membakar sarang dan menarik perhatian lebah agar menjauh dari sarangnya.

Namun, lokasi yang sempit menyulitkan petugas untuk membersihkan sarang lebah tersebut. Karena ruang gerak yang sedikit sementara ribuan lebah siap menyerang karena sarangnya dirusak. Meski sudah dibakar sarangnya, jumlah lebah yang banyak menyerang petugas yang melakukan pembersihan.

BACA JUGA: Serang Warga, Petugas Damkar Musnahkan Sarang Lebah di Kendal

Kasi Opsdal Pemadam Kebakaran Kendal, Saeful Huda mengatakan sarang yang dibersihkan kali ini cukup besar. Dua petugas pemadam kebakaran yang tersengat lebah mengalami luka di bagian tangan dan leher. “Petugas kewalahan dengan jumlah lebah yang banyak dan lokasi yang sempit membuat petugas tidak bisa bergerak leluasa,” katanya.

Dalam sepekan terakhir, kata dia, petugas Damkar sudah melakukan empat kali membasmi sarang lebah karena mengganggu aktivitas warga.

Warga Desa Karang Tengah, Sudarno mengatakan, sarang lebah tersebut sudah cukup lama dan semakin membesar. “Karena khawatir menyerang warga, pemilik rumah melaporkan ke desa dan meminta pemadam kebakaran untuk membersihkanya,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki