Petugas Damkar Kendal Banjir Permintaan Pemusnahan Sarang Tawon Vespa

Eddie Prayitno ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 00:30 WIB
Petugas Damkar Kendal Banjir Permintaan Pemusnahan Sarang Tawon Vespa

Petugas damkar Kendal memusnahkan sarang tawon vespa di salah satu rumah warga. (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Kendal Jawa Tengah dalam sepekan terakhir terus menerima permintaan evakuasi sarang tawon jenis vespa affinis. Upaya ini dilakukan setelah warga diserang ratusan tawon mematikan itu.

Senin (2/12/2019) sore tadi, petugas Damkar memusnahkan sarang tawon vespa di tiga lokai berbeda. Lokasi pertama di Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu. Petugas membersihkan sarang yang berada di bawah tangki air sebuah rumah kos.

Ratusan tawon yang sudah ada sejak sebulan lalu itu kerap menyerang warga hingga membuat mereka khawatir dengan keselamatannya. “Kalau lewat daerah situ (sarang tawon) jadi takut disengat,” kata Pipit, warga Sumberejo.

Pembersihan sarang tawon dilakukan dengan hati-hati. Berbalut pakaian tebal dan tertutup petugas mendekati sarang dan menyemprotkan pembasmi serangga. Meski langkah ini membahayakan namun mengantisipasi tawon menyerang petugas, obor disiapkan untuk membakar sarang.

BACA JUGA:

Serang Warga, Petugas Damkar Musnahkan Sarang Lebah di Kendal

Tragis, Suami Istri Tewas Disengat Ratusan Tawon Vespa di Pemalang

Sementara lokasi kedua sarang tawon lainnya berada di kebun milik warga tidak jauh dari lokasi pertama. Petugas pemadam kebakaran langsung menggunakan obor untuk membakar sarang dan melokalisir tawon yang kabur dengan menyemprot pembasmi serangga.

Kasi Dalops Damkar Kendal, Saeful Huda mengatakan, permintaan pemusnahan sarang tawon meningkat dalam sebulan terakhir. “Dalam sepekan setidaknya empat sampai enam sarang tawon minta untuk dibersihkan,” katanya.

Huda meminta warga untuk selalu berkordinasi dengan petugas damkar saat akan melakukan pembersihan sarang tawon. “Jangan membersihkan sarang tanpa didampingi petugas damkar yang lebih berpengalaman dan mengetahui teknik membersihkan sarang tawon,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki