Polda Jateng Tetapkan Siaga 1 Pasca-Pengumuman Pemilu 2019

Kristadi ยท Selasa, 21 Mei 2019 - 16:11 WIB
Polda Jateng Tetapkan Siaga 1 Pasca-Pengumuman Pemilu 2019

Petugas memeriksa ketat kendaraan yang masuk ke Mapolda Jateng. Pasca-pengumuman hasil Pemilu 2019, Polda Jateng menetapkan siaga satu. (Foto: iNews.id/Kristadi)

SEMARANG, iNews.id - Kepolisian Daerah (Polda) Jateng menetapkan status Siaga 1 mengantisipasi tindakan anarkistis pasca-pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh KPU.

Selain melakukan apel pasukan dan mempertebal pengamanan di sekitar Mapolda Jateng, petugas juga akan ditempatkan di beberapa titik berkumpulnya massa yang akan melakukan aksi.

“Sesuai dengan instruksi Kapolri tentang Siaga 1 mulai 21 hingga 25 Mei, Kapolda Jawa Tengah menginstruksikan untuk melakukan penjagaan di kantor Mapolda, serta beberapa titik kerawanan di Jawa Tengah,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja, Selasa (21/5/2019).

BACA JUGA: Menjelang 22 Mei, Kapolri Tito Tetapkan Status Siaga 1 di Ibu Kota

Pengamanan juga dilakukan di instansi-instansi vital lainnya, seperti KPU dan Bawaslu. Pantauan iNews di lokasi, suasana di Mapolda Jateng, petugas mulai melakukan pengamanan secara intensif pada para pengunjung. Satu per satu pengunjung yang akan masuk diperiksa menyeluruh pada kendaraan serta barang bawaan.

Agus mengakui, seluruh satuan kerja dari Satintel, Satreskrim dan Satlantas diminta untuk siaga hingga waktu yang belum ditentukan. “Selain di mapolda, seluruh polres di wilayah Jawa Tengah juga diwajibkan untuk menerapkan pengamanan sesuai dengan instruksi kapolri,” katanya.

Menurut Agus, pengamanan yang dilakukan petugas di kantor KPU dan Bawaslu diharapkan dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat. “Masyarakat juga diharuskan untuk tidak melakukan tindakan anarkis saat menyampaikan aspirasinya,” ucapnya.

 


Editor : Kastolani Marzuki