Polisi Korban Bullying Peserta Tabligh Akbar 212 Dapat Penghargaan

Kristadi ยท Kamis, 17 Januari 2019 - 11:01 WIB
Polisi Korban Bullying Peserta Tabligh Akbar 212 Dapat Penghargaan

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono menyerahkan penghargaan kepada anggota Satuan Brimob yang menjadi korban bullying oleh oknum peserta Tabligh Akbar 212 di Solo, beberapa waktu lalu. Penghargaan diserahkan di Mapolda Jateng, Kamis (17/1/2019). (Foto: iNews/Kristadi)

SEMARANG, iNews.id - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) memberikan penghargaan kepada belasan anggota Polri, dari satuan Brimob, yang telah sabar dalam mengamankan Tabligh Akbar Persaudaraan Alumni 212 di Solo, Minggu (13/1/2019) lalu. Mereka sebelumnya diprovokasi dan di-bully oleh oknum peserta Tabligh Akbar, namun tidak terpancing dan tetap tenang melanjutkan pengamanan.

Sebanyak 18 anggota polisi dari satuan Brimob Polda Jateng yang mendapatkan penghargaan ini. Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, di halaman Mapolda, Kamis (17/1/2019) pagi.

Aksi tidak terpuji sejumlah oknum massa Tabligh Akbar di Solo, beberapa waktu lalu terekam dalam video amatir. Terlihat jelas, sejumlah oknum meluapkan kekecewaan, karena tak boleh masuk area Car Free Day, di Solo, lantaran acara tersebut tidak mendapat izin dari petugas. Beberapa kali mereka berteriak, bahkan menggedor pagar pembatas.


Namun polisi yang bertugas kala itu dengan sabar tak menanggapi komentar yang dilontarkan. Hingga selesai acara, tak terjadi bentrok ataupun tindakan represif dari petugas.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono menegaskan, piagam penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepolisian. “Piagam ini juga bisa dijadikan penilaian tersendiri ketika anggota mau naik pangkat, atau masuk sekolah,” kata Condro, Kamis (17/1/2019).

Sementara itu, salah seorang anggota Brimob yang mendapat penghargaan, Briptu Saeful mengatakan, dirinya senang dan bangga bisa mendapat penghargaan tersebut. “(Saat bertugas) Enggak ada yang sengak sih, cuman disindir-sindir (oleh peserta Tabligh Akbar) saja. Di sindirnya seperti yang terlihat di video itu,” ucapnya.

Selain anggota Brimob Polda Jateng, penghargaan juga diberikan kepada beberapa anggota Polrestabes Semarang dan Polres Surakarta. Diharapkan, aksi para anggota dapat menjadi contoh bagi petugas lain dalam menghadapi massa.


Editor : Himas Puspito Putra