Polisi Olah TKP Kecelakaan NH Dini di Tol Tembalang

Kristadi ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 15:17 WIB
Polisi Olah TKP Kecelakaan NH Dini di Tol Tembalang

Olah TKP Satlantas Polrestabes Semarang di Tol Tembalang. (Foto: iNews/Kristadi).

SEMARANG, iNews.id - Satlantas Polrestabes Semarang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan yang menewaskan sastrawan NH Dini (82) di Tol Tembalang Semarang, Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa (4/12/2018) kemarin sore.

Dari hasil penyelidikan kepolisian, kecelakaan tersebut terjadi karena as roda truk yang patah. Akibatnya, kendaraan tersebut berjalan mundur dan menabrak taksi yang ditumpangi NH Dini.

"Ternyata sudah mengalami kerusakan saat pendakian di lokasi ini, kemudian as roda patah sehingga tidak seimbang antara sumbu (roda) belakang dan depan," kata Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi di lokasi olah TKP Tol Tembalang, Semarang, Jateng, Rabu (5/12/2018).

BACA JUGA: Mengenang NH Dini, Pengarang Era 60-an yang Vokal lewat Karya-karyanya

Kondisi ini mengakibatkan kendaraan sudah tidak bisa dikendalikan. Rem pun tidak berfungsi lagi, akibatnya truk bergerak liar. Supir truk, kata dia, juga sudah mencoba mengendalikan ke arah kiri jalan, namun karena tidak bisa seimbang, akhirnya lari ke kanan jalan.

"Truk tersebut turun (berjalan mundur) sekitar 200 meter," ujar dia.

Yuswanto menambahkan, penyidik sudah melakukan perhitungan, mundurnya truk tersebut sekitar 200 meter sampai ke titik tabrak. Kemudian mundur lagi sampai bahu jalan sebelah kiri.

Dalam olah TKP kecelakaan tersebut, pengendara taksi, Gilang Septian, juga ikut dihadirkan. Kemudian petugas mengumpulkan barang bukti dan mengukur jejak bekas ban saat kecelakaan.

BACA JUGA: Begini Kronologi Kecelakaan yang Dialami Sastrawan NH Dini di Semarang

Polisi juga mendapati fakta lain bahwa truk tersebut memuat bawang putih dengan kapasitas berlebih, yakni 7.500 kilogram. Padahal, bobot idealnya hanya 5.000 kilogram, atau 5 ton.

"Jika dalam penyelidikan ditemukan bukti kelalaian, maka sopir truk berpotensi menjadi tersangka," ujarnya.

Sebelumnya, sastrawan NH Dini dikabarkan meninggal dunia akibat kecelakaan di Tol Tembalang Semarang. Janazah kemudian dibawa ke RS Elisabeth Semarang, dan masih berada di kamar jenazah.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal