Puluhan Tahun Isap Sabu, Pria Bertato Ditangkap dan Terancam 12 Tahun Penjara

Eddie Prayitno ยท Senin, 13 Mei 2019 - 16:16 WIB
Puluhan Tahun Isap Sabu, Pria Bertato Ditangkap dan Terancam 12 Tahun Penjara

US, pria bertato ditangkap petugas BNN Kendal setelah 20 tahun mengonsumsi narkoba jenis sabu. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Setelah puluhan tahun mengonsumsi sabu tak terendus petugas, US, pria bertato asal Kampung Tlangu, Desa Sukorejo, Kabupaten Kendal akhirnya ditangkap petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kendal, Senin (13/5/2019).

Penangkapan US setelah petugas BNN menerima laporan warga karena pelaku kerap menggunakan barang haram di dalam rumahnya.

Kepala BNN Kendal, AKBP Sharlin Tjahja Frimer Arif mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, US sudah 20 tahun mengonsumsi sabu tepatnya sejak 1999 lalu. “Dalam sepekan tersangka bisa tiga hingga empat kali mengonsumsi sabu,” katanya.

Menurut Sharlin, jika pelaku tidak mengonsumsi sabu, badannya akan merasakan sakit. Sabu yang dipakai pelaku ini didapat dari temannya yang kini masih dalam pengejaran petugas.

“Kami mengamankan satu paket sabu seberat 0,48 gram, alat hisap dan korek api. Dari hasil tes urin saat ditangkap, tersangka positif terdapat zat amphetamine dan methamphetamine,” ujarnya.

BACA JUGA: Edarkan Sabu, 2 Wanita Muda di Kulonprogo Ditangkap Polisi

Kepada petugas, US mengaku sudah mengonsumsi sejak tahun 1999 sampai sekarang. Dia mendapatkan sabu dari pemasok di Semarang, Surabaya, dan Kendal dengan harga Rp1,2 juta per gram.

Tersangka saat ini masiih menjalani pemeriksaan petugas dan dijerat Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara atau denda minimal Rp800 juta dan maksimal Rp8 miliar.


Editor : Kastolani Marzuki