Rawan Bencana, Kendal Bangun Posko 24 Jam di Tiap Kecamatan

Eddie Prayitno ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 11:37 WIB
Rawan Bencana, Kendal Bangun Posko 24 Jam di Tiap Kecamatan

Wakil Bupati Kendal, Masrur Maskur, melakukan peninjauan kesiapan BPBD Kabupaten Kendal. (Foto: Eddie Prayitno).

KENDAL, iNews.id - Empat belas kecamatan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng) dianggap rawan bencana banjir dan tanah longsor. Menyikapi itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal pun sudah bersiap siaga atas kondisi tanggap darurat tersebut.

Wakil Bupati Kendal, Masrur Maskur mengatakan, BPBD sudah disiapkan untuk mengantisipasi bencana. Pada tahun ini, kesiapan mereka dinilai lebih memadai, baik dari SDM maupun peralatan yang ada.

"Jumlah peralatan jauh lebih meningkat, jadi kalau terjadi bencana kami lebih siap," kata Masrur usai apel di Alun-alun Kota Kendal, Jateng, Rabu (5/12/2018).

BACA JUGA: Jalan Tergerus Longsor, Aktivitas Warga 3 Desa di Kendal Terganggu

Kepala BPBD Kabupaten Kendal, Sigit Sulistyo menambahkan, peralatan kini sudah semakin siap. Kemudian, pihaknya juga sudah membuka posko 24 jam di kantornya, serta kecamatan pun diimbau untuk membentuk posko siaga bencana. Baik dari satgas hingga relawan selalu standby di sana.

Sekitar 750 relawan juga disiapkan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk menangani bencana yang terjadi. Mereka dari berbagai tim seperti PMI, Tagana, Ubaloka, Sabhara dan Damkar.

BACA JUGA: Puluhan Bangunan Liar di Sepanjang Sungai Kendal Dirobohkan

"Nantinya akan diawasi (posko) dan relawan siap diterjunkan jika bencana terjadi," kata Sigit.

Bagi masyarakat Kabupaten Kendal yang mengalami bencana bisa menghubungi langsung di kantor BPBD Kendal, nomor telepon di sana dapat dihubungi selama 24 jam. Atau juga lewat media sosial, serta posko-posko di kecamatan.

Seperti diketahui, dari 20 kecamatan di Kabupaten Kendal, sekitar 14 kecamatan merupakan wilayah rawan bencana. Mulai dari banjir hingga tanah longgsor.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal