Rawan, Jembatan Gantung di Kendal Dilarang Dilalui Kendaraan Roda 4

Eddie Prayitno ยท Selasa, 19 Februari 2019 - 16:51 WIB
Rawan, Jembatan Gantung di Kendal Dilarang Dilalui Kendaraan Roda 4

Warga melintas di jembatan gantung sepanjang 75 meter yang menghubungkan Ngampel dan Brangsong, Kendal yang baru selesai dibangun. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Jembatan gantung sepanjang 75 meter yang menghubungkan Kecamatan Ngampel dan Brangsong, Kendal, Jawa Tengah selesai dibangun. Kini, warga dua kecamatan itu tidak perlu lagi memutar jalan hingga 10 kilometer.

Warga sebelumnya harus melewati jembatan sasak terbuat dari bambu yang melintas di atas Sungai Blorong. Namun, jembatan tersebut kerap putus ketika Sungai Blorong meluap. Jembatan gantung tersebut dibangun pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Warga Ngampel, Muhamad Jauhar mengatakan, keberadaan jembatan gantung tersebut sangat memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. “Kami tidak perlu lagi memutar mencari jalan alternatif jika ingin menyeberang,” katanya, Selasa (19/2/2019).

Menurut dia, jembatan gantung itu hanya bisa dilalui pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat tidak diperbolehkan melintas jembatan itu.



Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal, Sugiyono mengatakan, jembatan yang mulai dibangun akhir 2018 sebagai pengganti jembatan sasak yang rawan putus diterjang banjir sungai. "Jembatan gantung dengan konstruksi kawat baja ini menggantikan empat jembatan sasak yang ada di sepanjang Sungai Blorong," kata Sugiyono.

BACA JUGA:

Jembatan Putus Diterjang Banjir, Akses Kefamenanu-Wini Lumpuh Total

Sudah 90 Persen, Tol Trans Jawa Bisa Dilalui saat Natal dan Tahun Baru

Meski terbuat dari besi dan kawat baja, kata dia, tapi ada aturan yang harus dipatuhi warga yang akan melintas. Jembatan ini hanya diperuntukan bagi kendaraan roda dua, sepeda, dan pejalan kaki. Jika hujan deras dan angin kencang, warga dilarang menyeberang jembatan gantung, dan harus antre saat menyeberang.

Hingga saat ini penerangan jembatan gantung belum terpasang. Warga masih memasang lampu darurat untuk penerangan warga yang melintas pada malam hari.


Editor : Kastolani Marzuki