Sebelum Ditangkap, 2 Harimau yang Lepas di Semarang Zoo Serang Petugas

Wisnu Wardhana ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 17:23 WIB
Sebelum Ditangkap, 2 Harimau yang Lepas di Semarang Zoo Serang Petugas

Harimau benggala yang sempat lepas dari kandang di Semarang Zoo berhasil dijinakkan petugas gabungan dari BKSDA Jateng. (Foto: iNews.id/Wisnu Wahardana)

SEMARANG, iNews.id - Dua ekor harimau di Semarang Zoo, Kota Semarang, Jawa Tengah yang lepas dari kandang sempat membuat panik pengurus kebun binatang tersebut. Harimau jenis benggala ini bahkan menyerang petugas saat akan dijinakkan untuk dimasukkan kembali ke kandangnya.

Belum diketahui penyebab lepasnya dua ekor harimau dewasa ini, namun diduga disebabkan kelalaian petugas pawang harimau.

Dari gambar video amatir yang sempat merekam proses penangkapan, terlihat petugas kebun binatang berupaya menjinakan binatang buas tersebut. Namun karena terus menyerang petugas, akhirnya dua harimau benggala tersebut dilumpuhkan dengan tembakan bius.

Marketing Semarang Zoo, Anggraini Puspita mengaku tidak tahu penyebab lepasnya dua harimau tersebut. “Untuk detailnya saya kurang tahu. Saya baru dengar ada macan lepas. Tapi, saya tidak tahu kejadiannya,” katanya, Rabu (5/12/2018).

BACA JUGA:

Lepas dari Kandang Semarang Zoo, 2 Harimau Ditembak Bius

Harimau Sumatera Kembali Datangi Permukiman Warga di Indragiri Hilir

Beruntung saat peristiwa terjadi, suasana kebun binatang masih sepi pengunjung. Setelah memakan waktu tiga jam, akhirnya dua harimau benggala tersebut berhasil dievakuasi kembali ke kandangnya. Hingga saat ini kondisi dua harimau masih tergolek lemas akibat bius.



Diketahui, dua harimau koleksi Semarang Zoo dilaporkan lepas dari kandang dan berkeliaran di sekitar kawasan kebun binatang tersebut, Rabu (5/12/2018).

Kasubag Humas Polrestabes Semarang Kompol Baihaqi mengatakan, kedua harimau benggala tersebut, berhasil ditangkap kembali dengan bantuan petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah dan Polsek Ngaliyan, Kota Semarang.

“Kedua harimau berhasil ditangkap dan dimasukkan kandang kembali. Petugas menggunakan senapan bius untuk menangkap kedua satwa tersebut,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki