Serunya Kejurnas Offroad di Kebumen, Banyak Peserta Terjatuh ke Sungai

Joe Hartoyo ยท Minggu, 12 November 2017 - 16:19 WIB
Serunya Kejurnas Offroad di Kebumen, Banyak Peserta Terjatuh ke Sungai

Warga menyaksikan Kejurnas Offroad Challenge di Buayan, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (12/11/2017). (Foto: iNews.id/Joe Hartoyo)

KEBUMEN, iNews.id - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Offroad yang berlangsung di PT Semen Gombong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah seolah menjadi ajang wisata akhir pekan bagi peserta maupun warga sekitar.

Meski harus jatuh bangun dan berkubang lumpur hingga terperosok sungai, tak menyurutkan nyali para offroader menaklukkan trek menantang di hutan jati Buayan. Kekompakkan terlihat antarsesama offroader dengan saling membantu sesama peserta lainya.

Para peserta menunjukkan kemahiranya saat mengikuti kegiatan adventure offroad challenge final round. Aksi tersebut mendapat sambutan hangat warga sekitar yang baru pertama kali menyaksikan perhelatan tersebut.

Kejurnas Offroad Chalenge itu diikuti 120 peserta dari berbagai daerah, seperti Balikpapan, Jambi, Lampung, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Kejuaraan yang diselenggarakan JIP Adventure Club Kebumen (Jack) di bawah naungan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Tengah ini terbagi menjadi dua kejuaran, yaitu Kejurnas Adventure Nonwinch dan Kejuaraan Team Adventure Nonwinch dengan masing-masing 4 kelas dan 6 kelas lomba.

Ada beberapa jenis lintasan dalam kejurnas ini di antaranya jalan berlumpur, sungai, tebing cadas, dan jalan miring. Karena itu, tidak sedikit kendaraan para peserta yg terjatuh dan masuk ke sungai. Meski demikian, para peserta tampak kompak bahu membahu saling membantu sesama peserta lainya.

Tidak hanya masuk ke sungai bahkan sebagian kendaraan peserta juga sempat terguling saat melintasi medan tebing dan dan ekstrem.

Salah satu peserta termuda asal Klaten, Jateng, Alfian mengaku sudah ratusan kali mengikuti kegiatan tersebut. Namun, khusus di Kebumen, medan yang dilintasi sangat menantang.

"Paling seru pas lewati tanjakan dan sawah karena posisi treknya miring, sehingga banyak peserta yang terjatuh ke sungai," kata Alfian, 15.

Kejurnas Offroad Adventure tersebut juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat sekitar. Warga merasa terhibur dengan ajang yang baru pertama kali digelar di wilayahnya.

"Seneng dan seru, apalagi baru pertama kali melihat kejuaraan tersebut," ucap Desti, salah seorang warga.

Dia berharap kegiatan semacam ini dapat di gelar secara rutin tiap tahun. Selain bisa mendongkrak wisatawan ke Kebumen, juga menjadi hiburan yang menarik dan gratis bagi warga.


Editor : Kastolani Marzuki