Status Waspada, Aktivitas Gunung Slamet Terpantau Semakin Tinggi

Suryono ยท Sabtu, 10 Agustus 2019 - 08:45 WIB
Status Waspada, Aktivitas Gunung Slamet Terpantau Semakin Tinggi

Petugas pengamatan Gunung Slamet memantau aktivitas gunung. (Foto: iNews/Suryono).

PEMALANG, iNews.id - Aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah (Jateng) semakin tinggi. Ratusan gempa tremor dan embusan terus terjadi di puncak gunung setinggi 3.432 meter di atas permukaan laut (mpdl).

Petugas pengamatan Gunung Slamet, Sukedi mengatakan, aktivitas tremor sejak pukul 00.00 - 06.00 WIB pada Sabtu (10/8/2019) tercatat 300 kali gempa dan embusan tremor. Amplitudo juga meningkat, dari 0,5 - 1.0 mm, kini sampai 0,5 - 2,0 mm.

BACA JUGA: Status Gunung Slamet Waspada dan Potensi Erupsi, Ini Rekomendasi PVMBG

"Alat seismograf juga terus menunjukkan kondisi gunung yang aktif," kata Sukedi kepada wartawan di Kabupaten Pemalang, Jateng, Sabtu (10/8/2019).

Cuaca di atas gunung terlihat cerah, sehingga mudah diamati dari jarak sekitar lima kilometer. Status Gunung Slamet masih pada level II atau waspada. Meski status naik, aktivitas masyarakat di sana tampak berjalan normal.

Sukedi meminta, warga tetap tenang namun harus waspada. Karena sewaktu-waktu gunung yang berada di perbatasan lima kabupaten ini statusnya bisa meningkat.

BACA JUGA: Status Gunung Slamet Waspada, Jalur Pendakian Ditutup

"Masyarakat dilarang melakukan aktivitas dalam radius dua kilometer dari puncak gunung. Petani dan warga masih boleh beraktivitas di lereng gunung, namun pendakian sementara ini ditutup," ujar Sukedi.

Sebelumnya, PVMBG mengimbau para pendaki tidak melakukan aktivitas wisata maupun upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2019 di puncak Gunung Slamet yang kini dalam status Waspada.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal