Tebing Batu Setinggi 15 Meter di Semarang Longsor dan Timpa Rumah Warga

Wisnu Wardhana ยท Sabtu, 02 November 2019 - 16:58 WIB
Tebing Batu Setinggi 15 Meter di Semarang Longsor dan Timpa Rumah Warga

Warga menunjukkan tebing batu yang longsor di Kelurahan Gisikdrono, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (2/11/2019). (Foto: iNews/Wisnu Wardhana)

SEMARANG, iNews.id – Tebing batu setinggi 15 meter di Kelurahan Gisikdrono, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), longsor dan menimpa rumah, Sabtu (2/11/2019). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, sejumlah rumah mengalami kerusakan.

Kejadian itu menggemparkan warga Kumudasmoro RT 5 RW 5, Kelurahan Gisikdrono. Sebab, tebing batu yang longsor berada di tengah-tengah permukiman. Tebing yang terletak di belakang tiga rumah tersebut tiba-tiba longsor usai diguyur hujan.

 

BACA JUGA:

Diguyur Hujan Deras, Pabrik Kerupuk di Malang Longsor Timpa 2 Rumah

Tanggul Irigasi di Banjarnegara Longsor Timbun 2 Rumah Warga, 1 Orang Tewas

 

Sejumlah warga mengaku, longsornya tebing tersebut diawali dengan bunyi retak tanah di dalam rumah. Pemilik rumah yang khawatir bergegas keluar dari dalam rumah, sesaat sebelum terjadi longsor sehingga selamat dari musibah itu. Batu-batu besar meluncur ke bawah dan menimpa tiga rumah.

“Kejadiannya sekitar jam 7 pagi tadi. Sebelum longsor, saya sudah merasakan tanahnya sudah mau ambrol. Saya dengar suara-suara seperti mau roboh gitu, tanahnya goyang. Saya langsung pergi keluar rumah,” kata pemilik rumah, Slamet Mahmudi, Sabtu (2/11/2019).

Tebing batu yang longsor di Kelurahan Gisikdrono, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (2/11/2019). (Foto: iNews/Wisnu Wardhana)

 

Warga lainnya, Sugiyem mengatakan, longsor tersebut terjadi saat dia hendak mengantarkan anak sekolah. Dia pun kaget melihat batu-batu besar jatuh dari tebing.

“Habis ngantar anakku sekolah, tiba-tiba tebingnya longsor. Suaranya keras sekali tadi. Kami semua kaget,” kata warga, Sugiyem.

Akibat musibah itu, selain tiga rumah di atas tebing, rumah warga dan barang gudang rongsokan yang berada di bawah tebing juga hancur tertimpa material longsoran. Hingga saat ini, warga sekitar masih khawatir karena tebing berpotensi besar kembali longsor.


Editor : Maria Christina