Terowongan Tol Kaligawe Semarang Kebanjiran, Jalanan Macet Parah

Donny Marendra ยท Senin, 03 Desember 2018 - 14:34 WIB
Terowongan Tol Kaligawe Semarang Kebanjiran, Jalanan Macet Parah

Sejumlah kendaraan roda empat nekat menerobos banjir yang menggenangi Terowongan Tol Kaligawe Semarang, Senin (3/12/2018). (Foto: iNews/Donny Marendra)

SEMARANG, iNews.id - Banjir yang melanda terowongan Tol Kaligawe Semarang, mengakibatkan kemacetan panjang di Jalan Pantura Semarang, sejak Senin (3/12/2018) pagi tadi. Selain itu banjir juga menyebabkan puluhan sepeda motor mogok dan aktivitas warga terganggu. Pemkot Semarang mengatasinya dengan menambah jumlah pompa air untuk menyedot air ke sungai.

Sejumlah kendaraan besar dan mobil terpaksa memaksakan diri melewati terowongan Kaligawe yang tergenang banjir untuk masuk ke arah Kota Semarang. Genangan banjir setinggi satu meter ini terjadi akibat hujan yang melanda kawasan tersebut Minggu (2/12/2018) malam.

Akibat banjir ini, kemacetan panjang kendaraan dari arah Demak terjadi di Jalan Kaligawe. Kendaraan harus berjalan pelan sebelum masuk ke terowongan yang tergenang banjir. Sejumlah polisi mengatur lalu lintas sambil membantu pengguna jalan.



Banjir juga mengakibatkan puluhan sepeda motor yang nekat menerjang genangan mogok, karena mesin kemasukan air. Warga mengaku banjir ini membuat aktivitas mereka terganggu. Warga pun berharap pemerintah mempunyai solusi yang jitu untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di terowongan tersebut.

“Kalau bisa ya jangan sampai banjir kayak gini. Macetnya parah kan kalau begini terus. Saya sudah tiga kali terjebak banjir seperti ini,” kata salah seorang warga, Mat Tohar, Senin (3/12/2018).

Sementara itu, untuk mengurangi genangan, Pemerintah Kota Semarang memasang pompa untuk menyedot air ke sungai. Namun solusi ini hanya bersifat jangka pendek. Pasalnya jika hujan kembali melanda kawasan itu, banjir dipastikan masih akan terjadi.

“Untuk solusi jangka pendek, kami menambah pompa di kawasan ini untuk memindahkan air ke sungai. Seluruh pompa yang ada di kawasan timur kami datangkan ke sini untuk mempercepat pemindahan air. Karena ini jalur protokol di mana banyak warga yang melintasi,” kata Koordinator Operator Pompa Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Semarang, Nuryanto.


Editor : Himas Puspito Putra