Tim Gabungan BNNK Batang Gagalkan Pengiriman 6,3 Kg Ganja di Tol Batang-Semarang

Suryono ยท Jumat, 06 September 2019 - 19:30 WIB
Tim Gabungan BNNK Batang Gagalkan Pengiriman 6,3 Kg Ganja di Tol Batang-Semarang

Tiga tersangka penyelundupan narkoba jenis ganja seberat 6,3 kg ditangkap tim gabungan BNNK Batang. (Foto: iNews.id/Suryono)

BATANG, iNews.id – Tim gabungan Satgas Pemberantasan Narkotika Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng menangkap tiga kurir narkoba di Jalan Tol Batang-Semarang KM 34/600 Warungasen, Batang.

Tiga tersangka yakni, berinisial SW (43) warga Mojosongo, Boyolali; KH (32) warga Mudal, Boyolali; serta PM (27) warga Salatiga. Dari penangkapan itu, petugas mengamankan enam paket ganja seberat 6,3 kg.

Kepala BNNK Batang, Windarto mengatakan, pengungkapan kasus ini diawali dari adanya informasi dari masyarakat yang diterima oleh satgas pemberantasan narkotika akan adanya kurir narkotika yang akan membawa narkotika dari Jakarta ke Jawa Tengah melalui perjalanan darat.

“Narkotika tersebut dibawa ketiga kurir itu dengan menggunakan truk angkutan barang. Kami kemudian melakukan penyelidikan di sepanjang Jalan Tol Tegal-Pemalang-Batang. Saat tiba di ruas Tol Batang-Semarang KM 343/600 Kecamatan Warungasem, Batang petugas membekuk tersangka berikut barang bukti,” katanya, Jumat (6/9/2019).

BACA JUGA: Gerebek Kampus ISTN Jakarta, Polisi Temukan Ganja dan Senjata Tajam

Akibat perbuatannya itu, kata dia, ketiga tersangka dijerat Pasal 115 ayat (2) juncto Pasal 114 ayat (2) juncto Pasal 111 ayat (2) dengan ancaman hukuman paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

Tersangka narkoba, Slamet mengaku diminta seseorang untuk mengantar barang ke Jawa Tengah dengan kompensasi sebesar Rp1,5 juta.

Dia mengaku baru tahu jika barang tersebut adalah ganja. “Saya baru kali ini bawa paketan ganja. Pemilik barang itu hanya bilang barangnya ijo,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki