Tragis, Suami Istri Tewas Disengat Ratusan Tawon Vespa di Pemalang

Suryono ยท Selasa, 26 November 2019 - 20:11 WIB
Tragis, Suami Istri Tewas Disengat Ratusan Tawon Vespa di Pemalang

Keluarga korban dan warga menziarahi makam suami istri yang tewas akibat diserang ratusan tawon vespa di Pemalang. (Foto: iNews/Suryono)

PEMALANG, iNews.id - Sepasang suami istri (Pasutri), Suwaryo (62) dan Endriyati (445) warga Desa Kebandaran, Kecamatan Bodeh, Pemalang, Jawa Tengah tewas mengenaskan akibat disengat ratusan tawon vespa.

Peristiwa tragis itu terjadi saat pasutri itu melintasi area pemakaman tak jauh dari rumahnya, Minggu (24/11/2019) lalu. Kedua korban sempat dirawat di rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong.

Anak korban, Midah menuturkan, ratusan tawon vespa atau lebah baluh itu menyerang bapak dan ibunya saat pulang dari sawah yang berada di desa sebelah. “Bapak dan ibu naik motor. Pas lewat kuburan, tiba-tiba diserang gerombolan lebah yang sangat banyak,” katanya, Selasa (26/11/2019).

BACA JUGA: Seorang Kakek di Tuban Tewas Diduga akibat Sengatan Tawon Vespa

Akibat serangan ratusan tawon itu, Suwaryo dan Endriyati sontak menghentikan kendaraannya dan berteriak minta tolong warga.

Mendengar teriakan itu, warga pun berdatangan menolong kedua korban dan membawanya ke Puskesmas Kebandaran. Korban yang mengalami luka lebam parah kemudian dirujuk ke rumah sakit terdekat di Pemalang.

Namun takdir tak dapat ditolak. Endriyani mengembuskan napas terakhirnya saat dalam perawatan, Senin (25/11/2019) dini hari. Selang beberapa jam kemudian, giliran sang suami menyusul.

Kedua jenazah korban sudah dimakamkan terpisah di pemakaman umum Desa Kebandaran dan Jraganan.

BACA JUGA: Hujan Badai Terjang Pemalang, Puluhan Rumah Rusak Parah dan Roboh

Meninggalnya kedua warga Kebandaran membuat pihak desa sigap mengantisipasi kejadian serupa agar tidak terulang. Kepala Desa Kebandaran, Sumarto mengatakan, pada hari itu juga, seluruh warga menyisir semua tempat untuk mencari sarang tawong.

“Warga menemukan sembilan sarang tawon dan berhasil memusnahkannya. Warga diharapkan warga waspada saat melintas di kebun atau hutan yang ada sarang lebah karena lebah bisa sangat berbahaya bagi keselamatan manusia,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki