Truk Crane Terguling Timpa Kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Donny Marendra ยท Rabu, 11 September 2019 - 08:15 WIB
Truk Crane Terguling Timpa Kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Truk crane timpa kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Foto: iNews/Donny M).

SEMARANG, iNews.id - Truk crane terguling menimpa sebuah kapal di Dermaga Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Penyebabnya diduga karena truk tidak kuat mengangkat beton blok yang akan dipindahkan.

Pekerja di lokasi yang menjadi saksi, Doni Subali mengatakan, kemungkinan karena truk tidak kuat saat proses memindahkan beton blok ke bagian perairan tepi dermaga.

"Operator kurang matang memperhitungkan keseimbangannya," kata Doni kepada wartawan di Dermaga Mercusuar,Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (10/9/2019) malam.

BACA JUGA: Gara-Gara Bakar Sampah, Ruang Jenazah RSUD Salatiga Ludes Dilahap Api

Akibat kecelakaan tersebut, tidak hanya truk yang mengalami kerusakan, bagian belakang kapal yang tertimpa crane tampak hancur. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Doni mengatakan, saat kejadian tidak ada ABK yang bertugas di kapal. Selain itu, operator truk crane juga tidak mengalami cidera serius meski truknya dalam keadaan terbalik.

BACA JUGA: Bus Terbakar di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Penumpang Sempat Panik

"Tidak ada korban. Operator selamat, dan di kapal memang sedang tidak ada ABK," ujar dia.

Truk crane dengan nomor polisi B 9728 KHZ tersebut tertahan di tanggul dermaga sedangkan tiang crane menimpa bagian belakang kapal suar milik Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub.

Hingga tadi malam, proses evakuasi tampak masih berlangsung. Dua alat berat diturunkan untuk mengangkut truk terguling dengan tiang pengangkut crane tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal