Underpass Karang Sawah Siap Dilalui saat Libur Natal dan Tahun Baru

Yunibar ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 23:30 WIB
Underpass Karang Sawah Siap Dilalui saat Libur Natal dan Tahun Baru

Underpass Karang Sawah di Jalan Raya Tegal-Purwokerto, Kecamatan Tonjong, Brebes siap dilalui kendaraan saat libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019. (Foto: iNews.id/Yunibar SP)

BREBES, iNews.id - Proyek Underpass Karang Sawah di jalur utama Tegal-Purwokerto tepatnya di Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah siap dilalui kendaraan saat libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019.

Proyek jalan bawah tanah yang sudah hampir selesai 100 persen itu sudah diuji coba dilalui kendaraan hingga tujuh hari ke depan. Proyek underpass yang menelan anggaran hingga Rp80 miliar ini diharapkan bisa mengurai kemacetan di perlintasan sebidang rel kereta api yang selama ini menjadi momok kemacetan khususnya pada arus mudik dan balik Lebaran.

Pejabat pembuat Komitmen (PPK) 06 Ditjen Bina Marga Kemterian PUPR, Alik Mustaqim mengatakan, proyek Underpass Karangsawah memiliki panjang 600 meter dengan boks underpas atau terowongan di bawah rel kereta sepanjang 100 meter dan lebar jalan 14 meter.

“Kita akan melakukan uji coba Underpass Karangsawah ini hingga tujuh hari ke depan. Jika pada masa uji coba ditemukan kendala, maka Ditjen Bima Marga akan langsung melakukan pembenahan,” katanya, Rabu (5/12/2018).

BACA JUGA:

Sudah 90 Persen, Tol Trans Jawa Bisa Dilalui saat Natal dan Tahun Baru

Sempat Mangkrak Puluhan Tahun, Tol Bocimi Akhirnya Diresmikan Jokowi

Siap Beroperasi Lebaran 2019, Tarif Tol Jakarta-Surabaya Rp600.000

Dia menjelaskan, proyek pembangunan underpass ini merupakan kelanjutan dari pembangunan empat flyover di jalur Tegal-Purwokerto. Underpass dibangun karena adanya perlintasan palang pintu kereta api.

“Proyek ini mulai dibangun sejak Februari dan ditargetkan akhir tahun ini selesai 100 persen. Sehingga nantinya bisa digunakan mengurai kemacetan pada libur Natal dan Tahun Baru 2019,” tandasnya.


Editor : Kastolani Marzuki