Undip Tampung dan Gratiskan Biaya Kuliah Mahasiswa Korban Gempa Palu

Kristadi ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 17:19 WIB
Undip Tampung dan Gratiskan Biaya Kuliah Mahasiswa Korban Gempa Palu

Undip Semarang menyiapkan asrama bagi mahasiswa Palu yang menjadi korban gempa dan tsunami. (Foto: iNews.id/Kristadi)

SEMARANG, iNews.id - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, menyiapkan gedung sebagai tempat tinggal mahasiswa Palu dan Donggala yang menjadi korban gempa dan tsunami dengan kapasitas 200 orang. 

Undip juga akan membebaskan biaya perkuliahan para mahasiswa tersebut. Sedangkan untuk biaya makan dan minum Undip sedang mencarikan orang tua asuh.

Rektor Undip Semarang, Yos Johan Utama mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tempat tinggal bagi mahasiswa Palu dan Donggala, yaitu di Gedung Training Center II BTB. Di gedung ini, nantinya ada 50 kamar dengan tiap kamar dapat diisi empat orang, sehingga dapat menampung 200 mahasiswa.

Dia menjelaskan, segala mata kuliah yang dipelajari di Undip nilainya akan ditransfer ke universitas asal mereka. Kuliah bebas berbayar ini, menurut dia, ditujukan untuk semua jurusan tanpa pengecualian. “Beberapa fakultas seperti kedokteran atau ilmu sosial bahkan sudah siap menampung mereka,” katanya, Selasa (9/10/2018).

BACA JUGA: UGM Gratiskan Kuliah Mahasiswa Korban Gempa Sulteng dan Lombok

Sementara untuk menanggung makan dan minum para mahasiswa tersebut, Johan mengatakan, sudah membuka pendaftaran untuk orang tua asuh. “Pendaftar (orang tua asuh) dalam hal ini adalah para dosen Undip,” katanya.

Johan mengatakan, khusus bagi mahasiswa asli Palu yang sedianya memang menempuh pendidikan di Undip/ sangat memungkinkan dibebaskan biaya kuliahnya. Namun, untuk saat ini Undip masih mengumpulkan data terkait jumlah dan sebarannya.


Editor : Kastolani Marzuki