1.700 Warga Jatim Berhasil Digagalkan Polisi Berangkat ke Jakarta

Okezone, Syaiful Islam ยท Selasa, 21 Mei 2019 - 20:05 WIB
1.700 Warga Jatim Berhasil Digagalkan Polisi Berangkat ke Jakarta

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, saat melangsungkan jumpa di Mapolda Jatim. (Foto: iNews.id/Ihya Ulumuddin).

SURABAYA, iNews.id - Hampir 1.700 warga dari Jawa Timur (Jatim) digagalkan polisi berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi people power. Meski begitu ada dari mereka yang tetap melaju menuju Ibu Kota dengan alasan lain.

"Namun ada beberapa perorangan yang berangkat, tapi itu karena ingin bertemu keluarga," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, kepada wartawan di Mapolda Jatim, Kota Surabaya, Selasa (21/5/2019).

Ribuan warga tersebut berasal dari sejumlah daerah yakni, Malang, Banyuwangi, Pamekasan dan Kediri. Menurut Luki, upaya mencegah warga Jatim yang hendak ke Jakarta dilakukan sejak 18 Mei 2019 hingga malam ini.

BACA JUGA: Amankan People Power, 1.500 Marinir TNI AL Diterbangkan dari Surabaya

Menurutnya, mereka yang hendak pergi ke Jakarta untuk mengikuti aksi tidak melakukan perjalanan seorang diri. Sebagian besar membawa rombongan dalam jumlah besar, sehingga mudah diidentifikasi petugas kepolisian.

"Tadi malam hampir 100 warga dari Kediri yang dipulangkan. Bila ditotal hampir 1.700 warga Jatim yang dibatalkan ke Jakarta," ujar Kapolda.

BACA JUGA: Cegah Massa People Power, Polisi Razia Bus di Terminal Jombang

Hal inilah yang membedakan, mana warga yang berangkat ke Jakarta untuk tujuan pribadi, dan mengikuti aksi massa. Mereka yang pergi untuk menengok keluarga di Jakarta rata-rata melakukan perjalanan seorang diri.

"Jumlahnya juga tidak besar, mereka yang berangkat secara perorangan ini. Alasannya ingin menjenguk keluarganya yang ada di Jakarta," kata Luki.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal