Mesin Kapal Rusak, Ratusan Pemudik Tertahan di Pelabuhan Gresik

Agus Ismanto · Rabu, 13 Juni 2018 - 20:28 WIB
Mesin Kapal Rusak, Ratusan Pemudik Tertahan di Pelabuhan Gresik

Penumpang kapal tertahan di Pelabuhan Gresik, Jatim. (Foto: iNews/Agus Ismanto)

GRESIK, iNews.id – Ratusan pemudik tujuan Pulau Bawean tertahan di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur (Jatim), akibat kerusakan mesin genset Kapal Motor (KM) Natuna Express, Rabu (13/6/2018). Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik mengupayakan kapal pengganti untuk membantu menyeberangkan para pemudik secara gratis.

Informasi dari KSOP Gresik, penumpang yang tertahan berjumlah 250 orang. Warga Bawean itu seharusnya berlayar pada pukul 06.00 WIB tadi dari Pelabuhan gresik menuju Pulau Bawean. Namun, hingga Rabu sore, tim teknis belum selesai memperbaiki mesin genset.

Sejumlah penumpang berharap dinas terkait menyediakan kapal pengganti untuk menyeberangkan para pemudik agar bisa berkumpul dengan keluarga di Hari Raya Idul Fitri. “Tadi kami sudah sejak jam 4 pagi di sini, tapi belum diberangkatkan sampai sekarang karena genset kapal rusak,” kata slaah seorang pemudik.

Kepala KSOP Gresik Agustinus Maun membenarkana, KM Natuna Express gagal berlayar mengantarkan sebanyak 250 pemudik gratis ke Pulau Bawean. Pihaknya masih berupaya menyediakan Kapal Bahari Express untuk membantu menyeberangkan para pemudik ke kampung halaman.

“Kami sudah berusaha melakukan tindakan emergency. Kemudian genset yang mengalami kerusakan disurvei dam ternyata rekomendasinya tidak bisa diberangkatkan tadi. Karena itu, kami sebagai Syahbandar memutuskan kapal itu tidak jadi diberangkatkan,” kata Agustinus Maun.


Editor : Maria Christina