Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris di Blitar, Salah Satunya Dokter

Robby Ridwan · Kamis, 14 Juni 2018 - 07:31 WIB
Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris di Blitar, Salah Satunya Dokter

Anggota Polres Blitar saat berjaga-jaga saat Densus 88 menggeledah rumah terduga teroris di Bajang, Talun, Rabu (13/6/2018). (Foto: iNews/Robby Ridwan)

BLITAR, iNews.id – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap tiga terduga teroris di Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Jatim), Rabu (13/6/2018) malam. Seorang di antaranya merupakan dokter berinisial NH, yang juga membuka praktik pengobatan bekam. Hingga saat ini, ketiganya masih menjalani pemeriksaan di mapolres setempat.

Informasi yang dirangkum iNews, penangkapan itu dilakukan di rumah kontrakan NH, wilayah Kelurahan Bajang, Kecamatan Talun. Saat itu, NH bersama dengan SZ dan AN. Ketiganya langsung diamankan.

Kepala lingkungan desa setempat Mislan mengatakan, malam itu polisi menggerebek rumah seorang warganya bernama Nanang yang dikontrakkan kepada NH selama tiga tahun terakhir. Dia mengaku kurang mengenal akrab sosok NH, yang diketahui membuka praktik pengobatan bekam.

Mislan melanjutkan, masyarakat sekitar hanya tahu, NH merupakan pribadi yang pendiam dan tertutup. Dokter itu sering menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang bersifat ekslusif. “Kontraknya sudah tiga tahun di sini, tapi keluarganya tertutup,” katanya.

Dia mengungkapkan, sepekan sebelum penggerebekan, sudah ada pesonel Polri dan anggota TNI yang datang menanyakan soal aktivitas dan riwayat warga yang tinggal di rumah kontrakan tersebut. "Jadi, sebelum kejadian sudah ada anggota yang datang. Mereka tanya tentang bagaimana orang yang mengontrak rumah itu, tanya juga orangnya ada atau tidak," ujar Mislan.

Proses penggeledahan dilakukan Tim Densus 88 dengan penjagaan ketat dari Mapolres Blitar. Petugas bersenjata lengkap berjaga di depan rumah tersebut. Mereka tidak mengizinkan warga yang tak berkepentingan untuk masuk.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi yang diberikan oleh pihak berwajib terkait penangkapan tiga terduga teroris tersebut. Para awak media dilarang untuk masuk ke dalam Mapolres Blitar. Ketiganya masih menjalani pemeriksaan intensif.


Editor : Donald Karouw