2 Buruh Cuci Ditemukan Tewas dalam Truk Tangki BBM Pertamina di Tuban

Pipiet Wibawanto ยท Senin, 03 Juni 2019 - 18:00 WIB
2 Buruh Cuci Ditemukan Tewas dalam Truk Tangki BBM Pertamina di Tuban

Petugas BPBD dan polisi mengevakuasi kedua jenazah buruh cuci yang tewas dalam truk tangki BBM Pertaminan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Senin (3/6/2019). ( Foto: iNews/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.id – Dua buruh cuci ditemukan tewas di dalam truk tangki bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina di Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim), Senin siang (3/6/2019). Keduanya tewas dalam kondisi tengkurap karena diduga kekurangan oksigen.

Warga Desa Purworejo pun geger dengan penemuan mayat kedua korban di dalam truk tangki. Kedua korban Kedua korban diketahui bernama Diki (30), warga Desa Purworejo dan Eko Susanto (30), warga Desa Mentoso, Kecamatan Jenu. Korban tewas langsung dievakuasi ke kamar mayat RSUD dr Koesma Tuban untuk divisum.

Korban pertama kali ditemukan salah seorang warga yang juga hendak mencucikan truknya. Namun saat dipanggil, kedua korban tidak menjawab. Karena penasaran, warga kemudian memukul-mukul tangki truk. Tapi, tetap tidak ada respons dari dalam tangki.


BACA JUGA: Truk Angkut Solar dan Pertalite Terguling di Nganjuk, Sopir Tewas


Karena curiga terjadi apa-apa, saksi tersebut kemudian menaiki truk tangki yang sedang dicuci kedua korban. Saat itu, saksi menemukan kedua korban sudah dalam posisi tengkurap di dalam bak truk.

“Saya ketok-ketok tangki, tetap tidak ada jawaban. Karena curiga, saya langsung naik ke atas. Ternyata saya lihat dua-duanya sudah tengkurap di bak truk,” kata saksi, Firdaus.

Firdaus mengatakan, seorang warga yang diketahui mertua salah satu korban berusaha naik ke truk tangki untuk melihat jasad menantunya tersebut. Warga sempat melarangnya karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, warga akhirnya mengizinkan sambil memeganginya saat naik ke truk tangki.

Setelah memastikan kondisi keduanya yang tidak merespons panggilan, warga kemudian melaporkan kejadian itu kepada kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban. Petugas Rescue BPBD Tuban yang tiba di lokasi kejadian langsung masuk menggunakan tabung oksigen untuk mengevakuasi kedua korban. Keduanya dipastikan sudah tewas dan dilarikan ke RSUD Dokter R Koesma Tuban.

Sementara pihak kepolisian langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa sejumlah saksi mata. Hasil kesimpulan awal, polisi menduga korban tewas akibat kekurangan oksigen di truk tangki.

“Dua orang korban tewas di dalam tangki karena diduga kekurangan oksigen saat membersihkan tangki BBM,” kata Kasatreskrim Polres Tuban AKP Mustijad Priyambodo.

Meski demikian, polisi masih menunggu hasil visum kedua korban dari pihak RSUD Dokter R Koesma Tuban.


Editor : Maria Christina