2 Gedung Fakultas Undar Jombang Terbakar, Damkar Kerahkan Tim

Antara, Mukhtar Bagus ยท Senin, 03 Desember 2018 - 21:07 WIB
2 Gedung Fakultas Undar Jombang Terbakar, Damkar Kerahkan Tim

Petugas Damkar Pemkab Jombang berupaya memadamkan api yang membakar Kampus Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Jatim. (Foto: iNews.id/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id - Kebakaran melanda Kampus Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Jawa Timur, Senin (3/12/2018) petang. Peristiwa itu menghanguskan dua gedung fakultas, yakni Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Sosial.

Belum diketahui penyebab kebakaran itu termasuk ada tidaknya korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Hingga kini, petugas Polres Jombang dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) masih berjuang memadamkan api.

Kasubag Humas Polres Jombang, Iptu Sarwiji mengatakan, anggota kepolisian sudah berada di lokasi untuk membantu pengamanan. Namun, untuk kepastian jumlah gedung yang terbakar, masih menunggu informasi lebih lanjut. "Saya memang mendengar kampus undar terbakar. Anggota sudah ke lokasi dan saya masih menunggu informasi lebih lanjut," kata dia.

Musibah kebakaran itu dilaporkan terjadi sekitar jam 18.05 WIB. Api mulai terlihat berkobar di ruangan yang berada di lantai dua kampus tersebut. Selain itu, asap berwarna hitam pekat juga membumbung cukup tinggi dari dalam ruangan yang terbakar itu.



Sejumlah warga yang mengetahui kejadian itu juga berupaya menuju kampus tersebut. Warga juga membantu menghubungi pemadam kebakaran untuk proses pemadaman api yang membakar gedung di kampus itu. Saat ini, sudah terdapat mobil pemadam kebakaran yang berada di lokasi. Petugas pemadam kebakaran juga berupaya keras untuk membantu memadamkan api yang ada di gedung tersebut.

BACA JUGA:

5 Kios di Pasar Tulis Batang Terbakar, Pedagang Sebut Ada Sabotase

Toko Komputer di Madiun Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Sedangkan warga yang ingin melihat langsung kejadian kebakaran itu juga semakin penasaran sehingga berupaya untuk terus mendekat. Namun, petugas mengimbau mereka agar tidak terlalu mendekat demi mencegah hal yang tidak diinginkan.

Hingga kini, petugas juga masih berupaya untuk memadamkan api. Proses pemadaman membutuhkan waktu, sebab kobaran api juga semakin besar. Diduga, ruangan yang ikut terbakar juga termasuk ruangan dari rektorat.

Dosen yang juga mantan Wakil Rektor IV Universitas Darul Ulum (Undar) Kabupaten Jombang, Kuswanto, memohon doa agar kebakaran yang terjadi di gedung kampus setempat segera padam. "Mohon doanya supaya cepat padam dan tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Sampai saat ini, dia mengakui belum menerima laporan detail tentang penyebab terjadinya kebakaran, termasuk ada atau tidaknya aktivitas saat peristiwa itu terjadi. "Informasi yang saya terima, api membakar gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Sosial Politik," katanya.

 


Editor : Kastolani Marzuki