Tjahjo dan Soekarwo Akan Hadiri Pelantikan 40 Anggota DPRD Kota Malang

Deni Irwansyah, Ihya' Ulumuddin ยท Senin, 10 September 2018 - 11:12 WIB
Tjahjo dan Soekarwo Akan Hadiri Pelantikan 40 Anggota DPRD Kota Malang

Gedung DPRD Kota Malang terlihat kosong setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan 41 dari 45 anggota DPRD Kota Malang. (Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto).

MALANG, iNews.id - Paripurna Istimewa Pelantikan 40 anggota DPRD Kota Malang, resmi digelar Senin (10/9/2018) siang. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo dipastikan hadir. Keduanya akan menyaksikan prosesi pengambilan sumpah sekaligus penandatanganan pakta integeritas.

Gladi bersih pengambilan sumpah telah digelar pagi ini. Beberapa petugas sekretariat DPRD Kota Malang juga sudah bersiap, termasuk sejumlah calon anggota DPRD yang akan dilantik.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Malang Bambang Suharijadi mengatakan, pelantikan 40 anggota DPRD tersebut merupakan tindak lanjut dari proses Pergantian Antar Waktu (PAW) yang telah diajukan partai pengusung. Mereka ditunjuk menggantikan para anggota DPRD non aktif yang kini menjalani proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Bambang juga mengatakan, semua pihak akan diundang pada acara tersebut. Termasuk partai pengusung. "Semua persipan sudah selesai. Siang nanti pelantikan akan digelar. Mudah-mudahan lancar. Pak menteri dan Pak Gubernur juga akan hadir," kata Bambang, Senin (10/9/2018).

Untuk diketahui, proses PAW itu termasuk yang tercepat sepanjang sejarah. Hanya berlangsung 4 hari setelah PAW diusulkan.  Percepatan ini dilakukan karena 41 dari 45 anggota DPRD Kota Malang di tahan KPK karena dugaan korupsi sehingga pemerintahan lumpuh. 

Kondisi tersebut memaksa Gubernur Jatim Soekarwo turun tangan. Dia mengundang semua partai politik dan perwakilan Pemkot Malang untuk meminta percepatan PAW.


Editor : Muhammad Saiful Hadi