Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat, Gubernur Jatim Libatkan Media

Antara ยท Sabtu, 15 September 2018 - 12:04 WIB
Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat, Gubernur Jatim Libatkan Media

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo memberikan keterangan kepada awak media soal isu kepindahannya ke NasDem beberapa waktu lalu. (Foto: iNews.id/Ihya Ulumuddin).

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Soekarwo menyampaikan pelayanan publik yang baik akan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Proses untuk mencapai pelayanan yang baik, yakni berbiaya murah, waktu pelayanan yang cepat dan syaratnya sederhana.

“Tidak itu saja, terdapat beberapa syarat lain untuk mencapainya, yaitu pelayanan yang harus transparan, terukur serta memiliki jiwa kepemimpinan serta didukung sistem teknologi informasi. Kami juga melibatkan media yang merupakan pilar keempat demokrasi sebagai tim pengawasan,” kata Soekarwo, Sabtu (15/9/2018).

Pengawasan, kata dia, juga harus melibatkan masyarakat sekaligus ketika merumuskan kebijakan atau yang biasa disebut dengan partisipatoris.

Sementara itu, kemudahan pelayanan publik di Jatim, lanjut dia, membawa provinsi yang dipimpinnya hampir 10 tahun tersebut meraih berbagai penghargaan.

Salah satunya dari Asia Competitiveness Institute (ACI) pada 2017 yang menobatkan Jatim sebagai provinsi dengan tingkat kemudahan berbisnis nomor satu di Indonesia.

Selain itu, pada Jumat (14/9) malam di Jakarta, Pakde Karwo juga menerima penghargaan Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2018.

Penghargaan yang diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo itu karena Jatim dinobatkan sebagai provinsi terbaik di bidang pelayanan publik dengan peringkat platinum.


Editor : Muhammad Saiful Hadi