3 Desa di Tuban Diterjang Puting Beliung, 3 Rumah Roboh dan 25 Rusak

Pipiet Wibawanto · Kamis, 31 Januari 2019 - 17:07 WIB
3 Desa di Tuban Diterjang Puting Beliung, 3 Rumah Roboh dan 25 Rusak

Warga mengevakuasi pohon trembesi yang tumbang dan menimpa rumah warga di Desa Sekardadi, Kecamatan Jenu, Tuban. (Foto: iNews.id/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.id – Tiga desa di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur porak poranda diterjang angin puting beliung, Kamis (31/1/2019). Bencana tersebut mengakibatkan tiga rumah roboh dan 25 bangunan lainnya rusak.

Beruntung tidak ada korban jiwa mupun luka dalam kejadian itu, namun kerugian yang dialami warga ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Tiga desa yang diamuk puting beliung yakni, Sekardadi, Jenggolo, dan Jenu.

Dari tiga desa itu, kerusakan terparah melanda Sekardadi. Di desa ini, ada tiga rumah roboh salah satunya milik Didik akibat tertimpa pohon trembesi yang tumbang diterjang angin. Rumah dari kayu dan berdinding bambu ini pun roboh tak berbentuk.

Seorang warga, Atmono mengatakan, angin puting beliung tersebut datang bersamaan dengan mendung tebal. “Awalnya hujan rintik-rintik terus muncul angin kencang selama hampir 10 menit,” katanya.

BACA JUGA:

Angin Puting Beliung Terjang Palabuhanratu, Rumah Warga Rusak

Diterjang Puting Beliung, 35 Rumah di Hulu Sungai Selatan Rusak Parah

Angin tersebut, kata dia, menerjang semua bangunan yang dilalui hingga menyebabkan sejumlah pohon tumbang.
Tim BPBD dibantu sejumlah warga dan aparat TNI yang datang ke lokasi kejadian langsung mengevakuasi  pohon tumbang dengan gergaji mesin. Untuk mengantisipasi pohon tumbang, BPBD juga memotong pohon yang dinilai rawan roboh.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Kamis malam ini hujan masih akan mengguyur wilayah itu dengan kecepatan angin mencapai 19 km/jam. Sedangkan apda Jumat (1/2/2019) siang, Tuban akan kembali diguyur hujan dengan kecepatan angin mencapai 28 km/jam.


Editor : Kastolani Marzuki