5 Fakta Terbaru Pembunuhan Surono yang Jasadnya Dikubur di Bawah Musala

Bambang Sugiarto ยท Sabtu, 09 November 2019 - 20:45 WIB
5 Fakta Terbaru Pembunuhan Surono yang Jasadnya Dikubur di Bawah Musala

Foto tersangka yang merupakan istri korban, Busani, dan suaminya, Surono, yang tewas dibunuh anak kandung. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto).

JEMBER, iNews.id - Tersangka pembunuhan Surono yang merupakan istri korban, Busani, angkat bicara soal kronologi pembunuhan suaminya tersebut. Perbuatan ini dilakukan sang anak, Bahar, lantaran kesal dengan perubahan sikap bapaknya.

Berikut lima fakta terbaru terkait pengakuan Busani yang dirangkum iNews.id, Sabtu (9/11/2019).

1. Surono Berubah Sikap sejak Jadi Juragan Kopi

Surono awalnya hanya seorang petani kebun kopi di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo. Namun begitu sukses menjadi juragan kopi, sikapnya berubah. Bukan hanya egois soal keuangan, Busani mengaku, korban diketahui telah selingkuh dengan seorang perempuan di desanya.

"Teman-teman juga bilang, Surono punya pacar. Dia pernah pergi ke Bali, empat bulan," kata Busani.

Parahnya lagi, Surono meminta Busani mencari laki-laki lain sebagai pendamping hidupnya. Bukan hanya menyetop nafkah lahir dan batin, korban pun kerap berbuat kasar kepada tersangka.

2. Bahar Kesal karena Ibunya Diselingkuhi dan Dipukul

Busani selama ini hanya diam menyimpan rapat-rapat perlakuan sang suami. Mulai dari diselingkuhi hingga dipukul. Puncak kemarahannya ketika korban memukulnya dengan sandal di bagian pundak hingga berbekas. Penyebabnya karena dia mengingatkan untuk tidak berselingkuh.

Derita Busani ini kemudian diceritakan kepada putranya Bahar. Bahar pun membalas kepedihan hati ibunya dengan merencanakan aksi pembunuhan. Apalagi, Bahar juga sakit hati kepada bapaknya karena tidak pernah mau memberikan uang.

3. Anaknya Minta Izin Membunuh Surono

Sebelum membunuh bapaknya, Bahar meminta izin kepada ibunya. Karena sedang kesal, Busani hanya menjawab "terserah". Seolah mendapat restu, Bahar akhirnya menghabisi nyawa ayahnya pada akhir Maret 2019 lalu.

Dia lantas meminta martil kepada ibunya untuk menghabisi bapaknya. Namun, karena martil kurang besar, Bahar akhirnya mengambil linggis dan memukulkan ke pelipis kiri korban yang tidur hingga tewas. "Itulah salah saya, saya bilang terserah," kata Busani.

4. Pesan Istri Korban ke Anaknya: Jangan Diulangi Lagi

Saat Bahar mengeksekusi bapaknya yang sedang tidur, Busani langsung keluar rumah. Dia menangis karena tidak sanggup melihat suaminya dibunuh. Setelah 1,5 jam kemudian, Busani kembali ke rumah. Dia melihat jasad Surono diseret ke bagian belakang rumah dan dikubur oleh Bahar.

Usai mengubur, Bahar meminta maaf kepada Busani. "Dia minta maaf, dia bilang dia anak durhaka. Saya bilang, jangan diulangi lagi," katanya.

5. Bahar Fitnah Suami Siri Busani Membunuh Surono

Tujuh bulan berlalu. Tempat Surono dikuburkan direnovasi menjadi musala. Busani pun sudah menikah siri dengan Jumarin, warga setempat. Kasus ini terbongkar lantaran Busani resah dengan sikap Jumarin. Pria itu jarang pulang ke rumah karena istri sahnya baru kembali bekerja sebagai TKI.

Bahar yang suka meminta uang kepada ibunya itu, mulai jarang diberikan. Sang anak menduga kalau uang itu diberikan kepada suami sirinya tersebut. Akhirnya Bahar membuat skenario jika Surono meninggal dunia dibunuh Jumarin dan mayatnya dikubur di musala rumah.

Bahar menceritakan itu kepada kepala kampungnya lewat ponsel hingga akhirnya kepala kampung menanyakan kepada Busani. Busani lalu menceritakan kronologi sebenarnya mengenai kematian Surono.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal