5 Pelajar SMP Jadi Korban Penyekapan 3 Pemuda di Blitar

Robby Ridwan ยท Senin, 11 Februari 2019 - 14:08 WIB
5 Pelajar SMP Jadi Korban Penyekapan 3 Pemuda di Blitar

Polisi saat menginterogasi 2 pelaku penyekapan 5 pelajar SMP di Blitar, Jatim. (Foto: iNews/Robby Ridwan)

BLITAR, iNews.id – Kasus pemalakan dan penyekapan dialami 5 pelajar SMP di Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Jatim). Mereka ditempatkan dalam salah satu ruangan di Pasar Papungan, wilayah Kecamatan Kanigoro, sejak Minggu (10/2/2019) tengah malam hingga Senin (11/2/2019) pagi.

Informasi yang dirangkum iNews, peristiwa ini bermula saat ke-5 korban terdiri atas 3 laki-laki dan 2 perempuan membawa motor melintas di Jalan Kalimantan pukul 23.00 WIB usai membeli BBM eceran. Saat di jalan itu, mereka dipepet ketiga pelaku yang langsung melakukan pemalakan.

Karena tak memiliki uang, mereka kemudian dibawa ke salah satu tempat di Pasar Papungan. Di sana mereka ditempatkan pada dua tempat dan disekap semalaman. Pelaku selanjutnya mengambil 2 ponsel milik para korban.

Identitas kelima pelajar SMP yang jadi korban penyekapan yakni berinisial FA, BB, DA, MA, dan MS. Selama disekap, tangan mereka diikat dan mulut disumpal.

BACA JUGA: 5 Siswa SMP di Takalar Ejek dan Keroyok Petugas Kebersihan Sekolah

Menjelang subuh, korban MA berhasil melarikan diri dari lokasi penyekapan dan meminta pertolongan warga. Kejadian itu selanjutnya dilaporkan polisi yang langsung meringkus kedua pelaku, masing-masing Muhammad Suprastiawan (20) warga Kecamatan Kesamben dan Mohamad Candra (19) warga Kecamatan Sananwetan. Sementara satu pelaku benama Bagus masih buron.

“Mereka (pelaku) meminta uang untuk beli minuman. Karena tak pegang uang, akhirnya pelaku menyekapnya,” kata Sunarto, salah satu orang tua korban, Senin (11/2/2019).

Unit Reskrim Polsek Kanigoro yang menerima laporan menangkap kedua pelaku yang kabur sekitar 10 Km dari TKP penyekapan. Sementara satu tersangka lainnya meloloskan diri.

Kedua pelaku saat ini telah dibawa ke Mapolres Blitar untuk diminta keterangan dan mempertanggungjawabkan perbuatannya. Mereka terancam Pasal 365 subsider 363 junto Pasal 55 Kuhpidana.

“Pelaku meminta uang kepada kelima korban hingga terjadi penyekapan. Mereka kini sudah ditangkap,” ujar Kasubag Humas Polres Blitar Iptu Burhannudin, Senin (11/2/2019).


Editor : Donald Karouw