584 Desa di Selatan Jawa Terancam Tsunami, BNPB Safari Desa Tangguh Bencana

Antara ยท Kamis, 18 Juli 2019 - 19:52 WIB
584 Desa di Selatan Jawa Terancam Tsunami, BNPB Safari Desa Tangguh Bencana

Tim Ekspedisi Destana BNPB memasang papan peringatan daerah rawan tsunami di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. (Foto: istimewa)


Untuk program ini, kata Pangarso, BNPB tidak memasang serta alat pendeteksi yakni early warning system, melainkan hanya memasang papan peringatan. Tim Ekspedisi ini lebih menekankan tentang kesiapan manusia, agar mereka memahami tentang ancaman bencana.

"Yang penting bukan alatnya tapi kesiapan manusianya. Jika tidak memahami ancaman tidak ada artinya. Di Jepang, 96 persen masyarakat selamat karena dirinya sendiri, keluarga dan tetangga, sehingga kami mencoba edukasi mereka untuk tahu," kata dia.

Bupati Blitar Rijanto mengaku pemerintah kabupaten sangat terbantu dengan adanya kunjungan tim dari Ekspedisi Destana Tsunami dari BNPB tersebut. Pemerintah juga berkomitmen akan menindaklanjuti hasil sosialisasi ini dengan pemasangan rambu untuk membuat jalur evakuasi di masing-masing wilayah.

"Nanti akan kami tindaklanjuti dengan pemasangan rambu untuk membuat jalur evakuasi di masing-masing wilayah," kata Bupati. 

Gelombang tsunami setinggi 20 meter itu berpotensi melanda kawasan pantai Cilacap hingga Jawa Timur itu sebelumnya diungkapkan Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko.

Dia memprediksi gempa megathrust dengan Magnitudo 8,8 di selatan Pulau Jawa bisa memicu terjadinya gelombang tsunami mulai Cilacap hingga Jawa Timur. 

Gelombang tsunami tersebut memiliki potensi ketinggian 20 meter dengan jarak rendaman sekitar 3-4 km. Gelombang tsunami akan tiba dalam waktu sekitar 30 menit usai terjadi gempa besar. 

 


Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua