70 Mahasiwa IAIN Jember Belajar Penyiaran di MNC Group Jatim

Ihya' Ulumuddin ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 18:41 WIB
70 Mahasiwa IAIN Jember Belajar Penyiaran di MNC Group Jatim

Proses pembelajaran para mahasiswa di kantor MNC Group Jatim oleh Eddy Susanto. (Foto: iNews/Ihya Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – MNC Group Biro Jawa Timur menerima kunjungan dari mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Jember, Rabu (5/12/2018). Sebanyak 70 mahasiswa hadir, melihat langsung proses penyiaran dari awal sampai bisa ditonton di layar kaca.

Tak hanya melihat proses produksi berita. Puluhan calon sarjana komunikasi ini juga belajar tentang manajemen penyiaran di televisi yang sesungguhnya. Kedatangan mereka di studio MNC didampingi dosen Komunikasi dan Penyiaran, Mochammad Dawud.

Salah seorang mahasiswa, Fajri Bayatie menyatakan, kunjungan studi ini merupakan salah satu tema dalam perkuliahan Manajemen Industri Media Massa. Setelah mempelajari secara teori, mahasiswa ingin melihat proses secara langsung.

BACA JUGA: iNews Terima 2 Penghargaan Tombol Perak dari Youtube

"Kami ingin melihat dan mempelajari bagaimana MNC Group, seperti iNews menjalankan proses penyiaran, termasuk juga ada Trijaya (radio di bawah manajemen MNC Grup), Koran Sindo, RCTI, Global TV dan iNews.id. Ini media yang besar. Kami ingin tahu pengelolaannya," ujarnya, Rabu (5/12/2018).

Menurut mahasiswi semester 5 ini, banyak hal tentang penyiaran dan jurnalistik serta cerita-cerita pengalaman lapangan yang tidak diketahui di bangku kuliah. Karena itu, kunjungan studi ini merupakan arena untuk bertanya langsung kepada para praktisi penyiaran.

"Harapannya nanti supaya tidak kaget, jika pas lulus nanti bekerja di media. Dengan melihat situasi di sini, bisa langsung menyesuaikan diri dan memiliki kemampuan yang diperlukan oleh perusahaan media," tambah Fajri.

BACA JUGA: Festival Pesona Lokal Antarkan Adira dan iNews Raih Rekor MURI

Manajer Teknik iNews Biro Surabaya, Eddy Susanto, yang menerima para mahasiswa ini merasa senang bisa berbagi cerita dan pengalamannya. Di sana, jajaran iNews menunjukkan cara kerja media penyiaran ke para mahasiswa.

Ia bahkan menantang mahasiswa yang mempunyai kemampuan di bidang penyiaran untuk memasukkan lamaran di MNC Group.

"Ayo, silakan langsung daftar. Kita daftarnya pakai tes komputer langsung. Kalau lolos, akan lanjut ke psikotes dan tes kesehatan yang ditangani Dinas Psikologi TNI AL dan RSAL. Kalau lolos semua, langsung bisa diterima dan bergabung," ungkap Eddy yang sudah 25 tahun bergabung dengan MNC Group ini.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal