Angin Kencang Disertai Hujan Es, Puluhan Rumah Warga di Jombang Rusak

Mukhtar Bagus ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 22:12 WIB
Angin Kencang Disertai Hujan Es, Puluhan Rumah Warga di Jombang Rusak

Kondisi rumah warga di Jombang yang rusak diterjang angin puting beliung. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus).

JOMBANG, iNews.id - Angin puting beliung disertai hujan es menerjang dua kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim). Akibatnya, sebuah papan reklame raksasa roboh, menutup ruas jalan raya antarprovinsi.

Peristiwa tersebut juga menyebabkan banyak pohon tumbang, puluhan rumah warga mengalami kerusakan. Atap rumah mereka beterbangan, bahkan kubah masjid ikut tersapu angin.

Seorang warga Banderkengmulyo, Efendi mengatakan, angin puting beliung melanda permukiman mereka sekitar pukul 03.30 WIB. Warga pada saat itu baru saja menyelesaikan salat Ashar.

BACA JUGA: Ratusan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Rancaekek Bandung

"Saat sedang wirid, warga langsung berlarian karena atap masjid berjatuhan tersapu angin," kata Efendi ketika ditanya wartawan di Banderkengmulyo, Kabupaten Jombang, Jatim, Jumat (11/1/2019).

Hujan angin tersebut, kata dia, juga disertai butiran es ukuran kecil. Untungnya tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu, namun kerusakan yang diakibatkan tergolong cukup parah.

warga berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang mau membantu renovasi rumah mereka, serta memperbaiki masjid di lingkungan desa agar warga bisa kembali beribadah di sana.

BACA JUGA: Angin Puting Beliung Terjang Jombang, Ribuan Ayam Siap Panen Mati

Bukan hanya di permukiman warga, di wilayah perbatasan antara Kabupaten Jombang dengan Nganjuk, terjangan angin puting beliung membuat sebuah papan reklame raksasa roboh.

Kondisi itu membuat akses kendaraan yang lewat tertutup. Selama proses evakuasi, arus lalu lintas terpaksa dialihkan, menjadi satu lajur sehingga menimbulkan kemacetan panjang.

Pantauan iNews, banyak pohon yang tumbang dan menganggu kabel listrik. Sementara ini, aliran listrik di Kecamatan Perak dan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, masih terpantau padam.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal