Ani Yudhoyono Berpulang, Ini Seruan Khofifah untuk Warga Jawa Timur

Ihya' Ulumuddin · Sabtu, 01 Juni 2019 - 23:05 WIB
Ani Yudhoyono Berpulang, Ini Seruan Khofifah untuk Warga Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Dok.iNews.id)

SURABAYA, iNews.id - Masyarakat Jawa Timur ikut berduka atas meninggalnya Ibu Ani Yudhoyono. Sebagai bentuk penghormatan, warga Jatim bahkan melaksanakan salat gaib untuk almarhuman Ibu Ani.

Seruan doa dan salat gaib ini juga disampaikan langsung Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Orang nomor satu di Jatim ini mengajak seluruh warga masyarakat Jawa Timur untuk mendoakan istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu. 

"Saya mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk salat ghaib untuk Ibu Ani Yudhoyono bersamaan dengan salat tarawih nanti malam di masjid atau musala terdekat," kata Khofifah, Sabtu (1/6/2019).

Wafatnya Ani Yudhoyono, kata Khofifah, adalah duka bagi seluruh warga bangsa Indonesia. Untuk itu, dia mengajak seluruh warga Jawa Timur memberikan penghormatan dan doa untuk almarhumah dengan salat gaib bersama di Masjid Nasional Al Akbar nanti malam.

Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang beragama lain, Gubernur Khofifah juga mengajak agar seluruh warga Jawa Timur untuk ikut mendoakan almarhumah Ibu Ani Yudhoyono sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. "Untuk umat yang beragama lain silakan mendoakan sesuai agama dan keyakinan masing-masing," ucapnya.

Sementara itu, warga Desa Bangunsari, Pacitan menggelar doa bersama dan tahlilan untuk almarhumah Ani Yudhoyono yang meninggal dunia akibat kanker di RS NUH Singapura, Sabtu (1/6/2019) siang.

Tahlil dan doa bersama yang dipusatkan di rumah Bupati Pacitan itu dipimpin langsung Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan Muhhammad Nurul Huda.

Doa bersama itu diikuti ribuan warga. Selepas salat asar, warga berbondong-bondong untuk ikut memanjatkan doa bagi almarhumah Ibu Ani Yudhoyono agar arwahnya diterima di sisi Allah SWT. “Kita berdoa semoga almarhumah diterima di sisi Allah dan diberi surga,” katanya.

Seperti diketahui, Ani Yudhoyono tutup usia pada pukul 11.50 waktu Singapura akibat sakit kanker darah yang dideritanya. Sebelumnya kondisi Ani menurun sehingga harus dirawat di ICU sejak Rabu 29 Mei 2019.

Malam ini jenazah Ani Yudhoyono diberangkatkan dari Singapura ke Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut akan dimakamkan di Taman Pahlawan (TMP) Kalibata, Minggu 2 Juni 2019 setelah salat zuhur.






Editor : Kastolani Marzuki