Bangunan Lantai III RS Bhayangkara Polda Jatim Terbakar

Ihya' Ulumuddin, Rahmat Ilyasan ยท Rabu, 07 November 2018 - 16:11 WIB
Bangunan Lantai III RS Bhayangkara Polda Jatim Terbakar

Water canon polisBangunan Lantai III RS Bhayangkara Polda Jatim Terbakar

SURABAYA, iNews.id – Gedung baru bangunan lantai III Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Jawa Timur (Jatim) yang masih dalam tahap pengerjaan terbakar, Rabu siang (7/11/2018). Peristiwa itu sempat menimbulkan kepanikan pasien dan pegawai rumah sakit.

Pantauan iNews, asap hitam tampak mengepul keluar jendela di bagian lantai tiga bangunan. Petugas dan karyawan rumah sakit bergerak cepat mengantisipasi api membesar dan memindahan sejumlah peralatan kesehatan, sekaligus mengevakuasi pasien.

Dua unit mobil water canon milik Polda Jatim dikerahkan untuk memadamkan api, dibantu dengan empat unit armada damkar Pemkot Surabaya. Petugas bahkan harus memecahkan beberapa bagian kaca untuk memudahkan proses pemadaman sehingga dengan cepat api dapat dikuasai dan tak sampai membesar.


Wakapolda Jatim Brigjen Pol Mohammad Iqbal membenarkan terjadinya peristiwa kebakaran di dalam gedung lantai III RS Bhayangkara. “Iya jadi ada kebakaran kecil,” ujarnya di tempat kejadian perkara (TKP).


BACA JUGA:

Bus Tabrak SPBU di Jember Sebabkan Kebakaran Hebat, Sopir Tewas

Ratusan Kios di Pasar Wirades Pekalongan Ludes Terbakar


Dia mengatakan, penyebab munculnya api masih dalam proses penyelidikan. Namun ditengarai akibat pelanggaran standar operasional prosedur (SOP) karena bangunan yang terbakar itu masih dalam proses pengerjaan dan diduga ada banyak bahan material yang mudah terbakar.

“Jadi untuk lantai I dan II pengerjaannya sudah hampir 90 persen, ruangannya juga ada yang sudah dipergunakan. Kalau untuk lantai III mungkin baru sekitar 60% dan sama sekali dipergunakan masih tanggung jawab dari kontraktornya. Jadi sama sekali tidak ada pasien maupun korban dalam kejadian ini,” ujar Iqbal.


Editor : Donald Karouw