Banjir di Pacitan, 4 Warga Hilang Tertimbun Material Longsor

Ahmad Subekhi, Antara ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 09:29 WIB
Banjir di Pacitan, 4 Warga Hilang Tertimbun Material Longsor

Petugas gabungan dibantu warga setempat berupaya mencari korban tertimbun longsor di Pacitan, Jatim. (Foto: iNews/Ahmad Subekhi)

PACITAN, iNews.id – Huyan yang terus mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim), menyebabkan permukiman warga terendam banjir dan terjadi longsor, Jumat (7/12/2018) malam. Dalam musibah ini, empat warga yang masih satu keluarga di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, dikabarkan hilang tertimbun material longsor.

Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang mengatakan, upaya evakuasi sempat dilakukan namun kondisi tanah dan material longsor yang labil memaksa warga dan tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, serta relawan untuk menghentikan proses pencarian sementara.

Identitas keempat warga yang dilaporkan hilang yakni Mesgiman dan istrinya Sogirah, Inem serta Bogiyem (mertua Mesgiman). Para korban diketahui berada di dalam rumah saat tebing di belakang tempat tinggal mereka tiba-tiba ambrol dan mengubur sebagian bangunan.

BACA JUGA: Longsor di Sukabumi, 1 Warga yang Tengah Berkebun Tewas Tertimbun

"Tim gabungan penanggulangan bencana bersama relawan pagi ini sudah tiba di lokasi dan mencoba memanggil para korban dari luar (rumah) namun tidak ada jawaban. Tim juga sudah mencoba masuk tapi karena tanah masih labil dan terus bergerak upaya evakuasi sementara dihentikan," kata Aristoteles, Sabtu (8/12/2018).

Dia mengungkapkan, langkah mitigasi yang dilakukan tim penanggulangan bencana harus tetap memperhatikan keselamatan regu penyelamat. "Dihentikan untuk meminimalkan korban serta keselamatan personel di lapangan. Nanti akan dilanjutkan apabila kondisi sudah aman," ujarnya.

Selain longsor yang terjadi di Desa Sidomulyo, tepatnya di RT 002/ 002, Dusun Jambu, banjir juga sempat melanda beberapa titik di wilayah Kebonagung dan menutup akses jalan lintas selatan (JLS) di wilayah Kebonagung.


Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2