BJ Habibie Wafat, Warga Jember Pasang Bendera Setengah Tiang Malam Hari

Bambang Sugiarto ยท Rabu, 11 September 2019 - 21:17 WIB
BJ Habibie Wafat, Warga Jember Pasang Bendera Setengah Tiang Malam Hari

Seorang warga di Jember memasang bendera merah putih setengah tiang sebagai tanda penghormatan atas meninggalnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Indonesia berduka atas wafatnya Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB. Warga di Jember, Jawa Timur, yang mendengar kabar duka ini langsung berinisiatif memasang bendera setengah tiang meski malam hari sebagai bentuk penghormatan atas jasa beliau.

Salah satunya seperti yang dilakukan Hafizh, warga Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember. Dia bergegas mengambil tiang dan bendera merah putih kemudian memasangnya di depan rumah.

“Saya langsung ingat dan pasang bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum Presiden ketiga Indonesia,” ujar Hafizh, Rabu (11/9/2019) malam.

BACA JUGA: BJ Habibie Wafat, Pemerintah Tetapkan Berkabung Nasional Tiga Hari

Baginya, mendiang BJ Habibie merupakan sosok pemimpin yang menjadi panutan bagi generasi muda seperti dirinya. Banyak hasil karya beliau untuk bangsa Indonesia yang menginspirasi.

Dia berharap dengan kepergian almarhum, akan ada sosok Habibie-Habibie lain yang dapat memajukan bangsa Indonesia ke depan.

“Generasi muda sangat kehilangan atas kepergian beliau,” katanya.

Diketahui, Pemerintah telah menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari sebagai penghormatan terakhir terhadap BJ Habibie.

"Jadi kita tetapkan berkabung nasional selama tiga hari sampai 14 September 2019," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Pratikno menuturkan, Pemerintah meminta rakyat Indonesia, lembaga negara, pemerintah baik di dalam dan luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang hingga 14 September 2019.

"Dimohon untuk mengibarkan Bendera Negara setengah tiang selama 3 (tiga) hari berturut-turut terhitung mulai tanggal 12 September 2019 sampai dengan 14 September 2019," tuturnya.


Editor : Donald Karouw