VIDEO

Bukit Terbelah Dua di Desa Ponggok Pacitan

Ahmad Subekhi, Ihya' Ulumuddin ยท Selasa, 19 Desember 2017 - 01:23 WIB
Bukit Terbelah Dua di Desa Ponggok Pacitan

Bukit yang terbelah dua di Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan, Jawa Timur. (Foto: iNews)

PACITAN, iNews.id – Bencana Longsor di Pacitan, belum juga selesai. Sabtu lalu, 16 Desember 2017, bukit setinggi dua 200 meter di Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim), longsor hingga terbelah. Bukit yang semula utuh berubah menjadi dua sisi. Bagian tengah bukit habis tergerus dan longsor.

Material longsor berupa tanah, tanaman dan bebatuan pun menimpa bangunan di bawahnya. Sedikitnya 12 rumah hancur dan rata dengan tanah akibat longsoran. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa itu.

Informasi yang dihimpun, longsor terjadi akibat hujan yang turun cukup deras lebih dari satu jam. Rembesan air dari atas bukit mengalir ke bawah dan meruntuhkan bagian bukit yang memang gundul. “Untungnya warga masih tinggal di pengungsian dan belum kembali sehingga tidak menjadi korban,” kata salah seorang pemilik rumah, Wantoyib.

Kondisi itu membuat sejumlah warga masih enggan untuk kembali. Mereka memilih menetap di pengungsian atau berpindah ke musala yang tak jauh dari tempat tinggal mereka. Sesuai analisa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, ada 80 rumah yang kini berada di wilayah rawan.

Video Editor: Ihya’ Ulumuddin

 


Editor : Maria Christina