Buntut Istri Nyinyir di Medsos, Peltu Yunus Ditahan dan Ditunda Kenaikan Pangkat 2 Periode

Pramono Putra ยท Selasa, 15 Oktober 2019 - 18:31 WIB
Buntut Istri Nyinyir di Medsos, Peltu Yunus Ditahan dan Ditunda Kenaikan Pangkat 2 Periode

Peltu Yunus, anggota Pomau Lanud Muljono saat menjalani sidang disiplin di Markas Lanud Muljono Surabaya, Selasa (15/10/2019). Peltu Yunus ditahan selama lima hari dan dikenai sanksi penundaan kenaikan pangkat selama dua periode akibat ulah istrinya

SIDOARJO, iNews.id - Anggota Polisi Militer TNI AU (Pomau) Peltu Yunus ditahan di Markas Lanud Muljono Surabaya setelah menjalani sidang disiplin, Selasa (15/10/2019). Penahanan tersebut akibat ulah istri Peltu Yunus yang nyinyir di media sosial terkait kasus penusukan Menko Polhukam Wiranto.

Sidang disiplin yang berlangsung tertutup dipimpin langsung Danlanud Surabaya Kolonel Penerbang Budi Ramelan. Dalam sidang itu,  Peltu Yunus dinilai melanggar Pasal 8a dan 17 Undang-undang RI Nomor 25 tahun 2014 tentang hukum Disiplin Militer.

“Yang bersangkutan dinilai tidak patuh kepada atasan dan tidak bisa membina keluarganya sebagai keluarga besar TNI,” kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Surabaya Mayor Sus Prasetyo.

BACA JUGA: Istri Unggah Fitnah Penusukan Wiranto di Medsos, Anggota Pomau Surabaya Dicopot dan Ditahan

Proses yang dilakukan terhadap Peltu Yunus, kata Mayor Sus Prasetyo, terkait ulah istrinya yang nyinyir di media sosial terkait kasus penusukan Menko Polhukam Wiranto saat kunjungan kerja di Pandeglang, Banten, Kamis (9/10/2019) lalu.

“Setelah mengikuti sidang disiplin Peltu Yunus langsung menjalani proses penahanan di kesatuannya,” kata Mayor Sus Prasetyo.

Peltu Yunus akan ditahan selama lima hari ke depan. Selain ditahan, Peltu Yunus juga sudah dicopot dari jabatannya akibat ulah istrinya yang nyinyir di media sosial terkait kasus penusukan Menko Polhukam Wiranto.

Bintara Tinggi TNI AU ini juga terkena sanksi administrasi berupa penundaan kenaikan pangkat dua periode dan tidak diizinkan ikut pendidikan lanjutan satu periode.

BACA JUGA: Tangani Kasus Istri Anggota Pomau Surabaya, Polisi Gandeng Ahli Bahasa dan IT

Sementara itu, kasus WS, istri Peltu Yunus yang mengunggah konten fitnah terkait kasus penusukan Wiranto masih ditangani penyidik Polresta Sidoarjo. Polisi terus memeriksa sejumlah saksi termasuk menghadirkan saksi ahli bahasa dan IT terkait kasus pelanggaran Undang-Undang ITE.


Editor : Kastolani Marzuki